Presiden Jokowi akan resmikan Irigasi Lhok Guci di Aceh Barat

Presiden Jokowi akan resmikan Irigasi Lhok Guci di Aceh Barat

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima silaturahmi Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus di Istana Negara, Jakarta, Oktober 2019. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meresmikan proyek Irigasi Lhok Guci di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Proyek yang dilanjutkan percepatan pembangunannya oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu tersebut diperkiarakan akan tuntas pada tahun 2020 mendatang.

"Bapak Presiden Jokowi sudah memberi sinyal akan kembali berkunjung ke Kabupaten Aceh Barat, dalam rangka meresmikan Irigasi Lhok Guci," kata Teuku Neta Firdaus, Sabtu malam.

Menurutnya, kepastian tersebut diperoleh setelah dirinya bertemu secara langsung dengan presiden di Istana Negara Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan singkat tersebut, Presiden Jokowi menyatakan akan kembali berkunjung ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat di Aceh.

Untuk kepastian jadwal ke Aceh, Teuku Neta Firdaus mengatakan jadwalnya akan ditentukan setelah kesiapan proyek Irigasi Lhok Guci Aceh Barat rampung dikerjakan oleh pihak rekanan.

Sejak dikebut pembangunannya pada tahun 2015 lalu, proyek strategis nasional tersebut telah menghabiskan anggaran mencapai Rp1 triliun lebih.

Proyek ini diharapkan nantinya dapat mengairi seluruh lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat, yang selama ini tadah hujan, untuk meningkatkan produksi padi sebagai kebutuhan pangan di Aceh maupun di tingkat nasional.

"Bapak Presiden Jokowi tetap akan memperhatikan masyarakat di Aceh. Karena Bapak Presiden Jokowi tetap fokus untuk membangun Indonesia agar semakin maju dari Aceh hingga Papua," kata Teuku Neta Firdaus menambahkan.

Baca juga: Istana peringati Maulid Nabi 1441 H
 
Baca juga: BPN bebaskan 405 bidang tanah untuk irigasi Lhok Guci

Baca juga: Aceh Barat bebaskan tanah seluas 220 ha untuk proyek irigasi Lhok Guci

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bobby Nasution kembalikan formulir bakal calon Wali Kota Medan ke Golkar

Komentar