Jokowi marah soal tender, kacamata halal, berita terpopuler sepekan

Jokowi marah soal tender, kacamata halal, berita terpopuler sepekan

Ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Saat ini kacamata tidak hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan, namun juga sudah menjadi pelengkap gaya atau aksesoris fesyen. Selanjutnya, Presiden Jokowi marah karena ada tender konstruksi dua bulan menjelang akhir tahun, kisruh Sriwijaya hingga pertumbuhan ekonomi berkualitas.

Berita-berita tersebut merupakan intisari lima topik terpopuler yang disajikan Redaksi Ekonomi ANTARA dalam sepekan (3 November-9 November 2019).

1. Produk kacamata bersertifikasi halal pertama diluncurkan​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

​​​​​​​​​​​​​​Kemenperin mengapresiasi perusahaan yang memproduksi kacamata bersertifikasi halal.
Meskipun produk kacamata belum diwajibkan untuk bersertifikasi halal, namun perusahaan ini sudah sudah memiliki sertifikat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Berita selengkaphya klik di sini

2. Jokowi marah masih ada tender konstruksi dua bulan jelang akhir tahun

Presiden Joko Widodo marah karena mengetahui masih ada proses tender untuk proyek konstruksi dua bulan menjelang akhir  2019. Nilai tender tidak tanggung-tanggung mencapai Rp31 triliun pada November.

Presiden pun menyindir Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto, e-tendering karena dilakukan dalam waktu yang sempit akan berdampak pada kualitas bangunan.

Berita selengkapnhya klik di sini


3. Kisruh Sriwijaya, Bandara Soekarno-Hatta dipastikan beroperasi normal

Kisruh antara Garuda Indonesia dengan Sriwijaya Air masih menyisakan sejumlah permasalahan, termasuk dampaknya terhadap pelayanan operasional Sriwijaya Air. Setelah kedua maskapai ini kembali menyatakan kerja sama operasional “putus”, telah mengakibatkan penerbangan di sejumlah bandara sempat mengalami keterlambatan.

Berita selengkapnya klik di sini


4. ​​​​​​​Apindo Bekasi terima putusan Menaker soal kenaikan UMK 2020

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersama Dinas Tenaga Kerja dan perwakilan serikat buruh mulai membahas putusan Menteri Tenaga Kerja soal kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) t2020 sebesar 8,51 persen yang harus ditetapkan paling lambat 21 November 2019.

Sementara itu serikat buruh se-Kabupaten Bekasi sepakat menginginkan besaran UMK tahun 2020 naik 18 persen dari Rp4.146.126 menjadi Rp4,9 juta sebulan.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Menko Airlangga sebut ekonomi Indonesia masih tumbuh berkualitas

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2019 sebesar 5,02 persen atau melambat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Menanggapi data tesebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kinerja perekonomian Indonesia masih tumbuh berkualitas. Meski terjadi perlambatan, pencapaian ini masih lebih baik dibandingkan beberapa negara peer lainnya di ASEAN di antaranya Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Menurut Airlangga, kinerja ekonomi Indonesia sepanjang 2019 cukup baik secara fundamental karena banyak negara justru mengalami perlambatan ekonomi yang lebih dalam, misalnya China, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Kemenhub pastikan penerbangan Sriwijaya Air berjalan baik
Baca juga: Apindo Bekasi terima putusan Menaker soal kenaikan UMK 2020

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden tegaskan kunci pertumbuhan ekonomi ada di investasi

Komentar