Taeyang dan Daesung BIGBANG kembali dari wamil

Taeyang dan Daesung BIGBANG kembali dari wamil

(Ki-ka) Anggota grup K-pop BIGBANG, Daesung dan Taeyang yang resmi menyelesaikan wajib militer di Yongin, Korea Selatan, Minggu (10/11/2019). (Soompi/Xportsnews)

Jakarta (ANTARA) - Dua anggota grup idola K-pop BIGBANG, yaitu Taeyang dan Daesung secara resmi berhasil menyelesaikan wajib militer (wamil) mereka di Komando Operasi Darat Kota Yongin, Korea Selatan.

Kedua rekan band itu menyambut para VIP, sebutan nama penggemar BIGBANG serta para reporter yang telah berkumpul untuk merayakan kembalinya mereka ke kehidupan sipil.

"Saya masih tidak percaya bahwa tugas saya sudah selesai. Waktu saya (di militer) dapat dilihat sebagai waktu yang singkat atau lama, tergantung pada bagaimana kita melihatnya, tetapi saya pikir itu benar-benar bermakna," kata Taeyang dikutip Soompi, Minggu.

Baca juga: Taeyang, Daesung BIGBANG selesai wamil pada 10 November

Baca juga: G-Dragon BIGBANG's resmi selesaikan wamil


"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada sesama prajurit dan perwira atasan saya yang menghabiskan 20 bulan memimpin saya, meskipun saya memiliki kekurangan," lanjutnya.

Rekan satu grupnya, Daesung pun setuju dengan Taeyang, bahwa banyak sekali pelajaran yang bisa mereka ambil selama dua tahun berada di militer, utamanya mengenai emosi dan empati.

“Saya juga berpikir bahwa saya belajar banyak hal setelah masuk militer. Saya merasakan banyak emosi yang tidak saya alami selama kehidupan sehari-hari, dan saya juga belajar banyak tentang berempati dengan orang lain," ujar Daesung.

"Kepada semua prajurit dan perwira atasan saya yang bekerja keras untuk melindungi negara kita hingga sekarang, saya ingin mengatakan saya mencintaimu, dan terus bekerja dengan baik!" tambahnya.

Ketika ditanya tentang rencana mereka untuk kembali promosi sebagai anggota BIGBANG, Taeyang menjawab bahwa dirinya ingin membayar penantian para VIP dengan hal-hal yang lebih positif.

“Setelah banyak berpikir dan berbagi pendapat, saya benar-benar ingin membayar (penggemar kami) dengan hal-hal baik, dan kami akan bekerja keras. Kami akan mencoba menunjukkan banyak sisi diri kami yang tidak dapat kami tunjukkan selama kami di militer," kata suami Min Hyo-rin itu.

Sementara itu, anggota BIGBANG lainnya yakni T.O.P dan G-Dragon sebelumnya telah menyelesaikan tugas wamilnya masing-masing pada bulan Juli dan Oktober, dan membuat keempat anggota BIGBANG saat ini telah lengkap dan bebas dari kewajiban negara itu.

Baca juga: YG imbau penggemar tak kunjungi BigBang untuk alasan keamanan

Baca juga: BIGBANG T.O.P suarakan penolakan terhadap "cyber bullying"

Baca juga: Polisi geledah kantor YG Entertainment terkait kasus judi mantan CEO

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketika wanita-wanita top dunia bicara dunia kerja

Komentar