Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar lomba anak SD sambut Hari Pahlawan

Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar lomba anak SD sambut Hari Pahlawan

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2019, Satgas Pengamanan Perbatasan Negara (Pamtas) Republik Indonesia Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) Yonif Raider 142/KJ mengadakan berbagai jenis perlombaan bersama siswa-siswi SD Inpres Lookeu di Desa Lookeu, Kecamatan Tafesito Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). (FOTO ANTARA/HO-Dansatgas Pamtas)

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga kami lebih memahami arti dari perjuangan para pahlawan terdahulu
Jambi (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, Satgas Pengamanan Perbatasan Negara (Pamtas) Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 142/Ksatria Jaya (KJ) mengadakan berbagai jenis perlombaan untuk pelajar di SD Inpres Lookeu, Desa Lookeu, Kecamatan Tafesito Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos dalam penjelasan yang disampaikan kepada ANTARA di Jambi, Minggu mengatakan kegiatan yang diselenggarakan personel Pos Lookeu, Satgas Yonif Raider 142/KJ dengan pihak SD Inpres Lookeu itu merupakan salah satu wujud dalam memperingati Hari Pahlawan bersama anak-anak selaku generasi penerus Bangsa.

Yonif Raider 142/KJ merupakan batalyon berkualifikasi Raider yang bermarkas di Jambi, dan berada di bawah komando Korem 042/Garuda Putih, Kodam II/Sriwijaya.

Menurut Ikhsanuddin, anak-anak selaku generasi muda penerus bangsa akan memahami perjuangan-perjuangan pahlawan terdahulu melalui kegiatan semacam itu sehingga dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Danpos Lookeu Letda (Inf) Agus Susilo beserta beberapa orang personelnya, termasuk tim kesehatan dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak dinginkan.

Pihaknya mengharapkan dengan kegiatan ini anak-anak selaku generasi muda penerus bangsa yang berada di perbatasan negara dapat memahami arti perjuangan para pahlawan terdahulu sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan mereka selaku warga Negara Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Pos Lookeu berinisiatif untuk mengadakan berbagai macam jenis lomba untuk anak-anak, di antaranya lomba baca puisi bertemakan pahlawan, lomba balap karung, lomba memasukkan paku kedalam botol, dan lain-lain.

Antusiasme tampak pada raut wajah anak-anak tersebut dalam mengikuti setiap perlombaan. Mereka diharapkan dapat mengingat bahwa pada tanggal 10 November merupakan Hari Pahlawan, dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Sementara itu,  Kepala SD Inpres Lookeu Bene (54) mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan perlombaan di sekolahnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah berupaya untuk menggelar kegiatan ini, dan telah ikut berperan dalam mencerdaskan siswa-siswi SD Inpres Lookeu, khususnya kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka mengenang jasa-jasa pahlawan kita terdahulu," kata Bene.

Sementara itu, Azze (12), salah satu pelajar SD Inpres Lookeu yang menjuarai perlombaan puisi tentang perjuangan pahlawan mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif Raider 142/KJ yang telah menyelenggarakan kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Pahlawan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga kami lebih memahami arti dari perjuangan para pahlawan terdahulu," demikian Azze.

Baca juga: Kasus gizi buruk di perbatasan RI-Timor Leste didata Yonif 142/KJ

Baca juga: TNI bantu warga perbatasan RI-Timor Leste atasi krisis air

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar pengobatan gratis warga perbatasan


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Museum Juang Taruna, saksi perjuangan para pahlawan

Komentar