"Kami terus memberikan dukungan kepada warga yang terdampak salah satunya melalui membangun tempat MCK untuk memenuhi kebutuhan dan ketersedian fasilitas bagi warga yang terdampak," kata Koordinator Lapangan Tim Wash di Ambon, Sukri.
Ambon, Maluku (ANTARA) - Tim Water Sanitation and Hygiene (WASH) Palang Merah Indonesia (PMI) membangun sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) dan kebutuhan dasar lainnya untuk keperluan korban bencana gempa bumi di Ambon, Maluku.

"Kami terus memberikan dukungan kepada warga yang terdampak salah satunya melalui membangun tempat MCK untuk memenuhi kebutuhan dan ketersedian fasilitas bagi warga yang terdampak," kata Koordinator Lapangan Tim Wash di Ambon, Sukri melalui sambungan telepon, Minggu.
Baca juga: PMI bangun fasilitas MCK dan penampungan untuk korban gempa di Waai

Menurut dia, saat ini proses pembangunan sudah dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan PMI provinsi dan relawan yang bertugas dilpangan salahsatunya dengan pembangunan di Desa Waai, hal ini berdasarkan hasil asesmen yang sudah dilakukan bersama relawan PMI Provinsi Maluku.

Rencananya Tim Wash juga akan membangun tempat MCK di Pulau Haruku dengan target sebangak delapan unit untuk memenuhi ketersediaan dan kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Menurutnya, akses sanitasi dan tempat ini MCK yang didukung dengan sarana air bersih sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang tinggal di beberapa shelter pengungsian korban gempa bumi yang memporak porandakan daerah tersebut termasuk fasilitas umum lainnya.
Baca juga: 500 MCK dibangun di lokasi pengungsian korban gempa Halmahera Selatan

Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di shelter dengan memberikan akses sanitasi dan tempat MCK yang dilengkapi dengan latrine serta proses pemasanganya sesuai dengan aturan.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pemenuhan kebutuhan tersebut dan berharap selesai sesuai progres yang telah ditentukan," tambahnya.

Sukri mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini agar masyarakat bisa hidup layak dan mendapat fasilitas air, sanitasi yang sehat dan bermartabat serta warga mendapatkan edukasi tentang kebersihan lingkungan dan kebersihan diri.
Baca juga: Korban gempa-tsunami Sindue berharap miliki MCK

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019