DPRD tinjau Sport Jabar Arcamanik terkait atap stadion ambruk

DPRD tinjau Sport Jabar Arcamanik terkait atap stadion ambruk

Stadion Sepakbola Arcamanik Kota Bandung mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang, Sabtu (9/11/2019). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dadang Kurniawan, mengatakan pihaknya meninjau ke Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, yang atap stadion sebelah timur ambruk diterjang angin saat hujan lebat Sabtu (9/11) sore.

"Minggu siang tadi kami mengecek ke lokasi dan kami akan mengevaluasi dampak kerusakan tersebut dan mempersiapkan langkah selanjutnya untuk penyelidikan sampai perbaikan sarana olahraga tersebut," kata Dadang Kurniawan, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu.

Menurut dia, perbaikan sarana olahraga ini harus segera dilakukan mengingat sederet acara yang akan digelar di kompleks tersebut, terlebih Sport Center Jabar ini rutin dipakai masyarakat sebagai tempat berolahraga.

"Kami juga sudah meminta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar untuk menghitung biaya perbaikan yang akan diusulkan kepada pemerintah," kata Dadang.

DPRD Jabar, lanjut dia, juga mendukung penuh untuk segera dilakukan penanganan termasuk penyelidikan oleh pihak berwajib meskipun kejadian tersebut murni akibat bencana.

Dia mengatakan, banyak yang bertanya mengenai kualitas bangunan yang rusak tersebut dan saat bangunan yang lain di sekitarnya baik-baik saja walau diterpa angin yang sama.

"Kemudian hal yang lain yang menyangkut ada pelanggaran hukum atau tidak, kami serahkan sepenuhnya kepada penegak hukum," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Engkus Sutisna menyatakan kawasan Sport Jabar Arcamanik dapat dipakai warga untuk berolahraga pascakejadian angin kencang yang merobohkan sebagian atap stadion sebelah timur.

“Untuk warga yang hari ini akan berolahraga di Sport Jabar Arcamanik silakan datang untuk berolahraga seperti biasa, keadaan aman terkendali, “ ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Engkus Sutisna.

Engkus menyatakan, angin kencang merusak atap tribun sebelah timur stadion dan lapangan Voli Pasir akibat tertimpa reruntuhan atap. Sementara kawasan yang lain termasuk jalur joging masih aman.

“Itu kan yang rusak tribun sebelah timur, kawasan lain insya Allah aman dipakai olahraga,” katanya.

Namun dia mengimbau warga yang hendak berolahraga besok agar menjauhi area stadion, guna menghindari kecelakaan akibat menginjak puing reruntuhan material atap yang tajam.

“Sports Jabar Arcamanik itu kan luas, jadi besok yang ingin berolahraga mohon menjauhi sisa reruntuhan," kata Engkus.

Baca juga: Dispora: Meski rusak, SOR Arcamanik masih bisa digunakan warga

Baca juga: Sebagian besar atap tribun timur Stadion Arcamanik Bandung rusak

Baca juga: Stadion Arcamanik Bandung rusak diterjang angin kencang

 

Stadion Arcamanik Bandung rusak akibat terjangan angin kencang

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar