Bogor (ANTARA) - Tim mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Institut Pertanian Bogor (IPB) University kembali mencatatkan prestasi gemilang sebagai juara umum Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke-4 yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

"IPB berusaha terus menginspirasi dengan inovasi dan prestasi," kata Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Seperti pada OLIVIA sebelumnya, kegiatan ini digelar sebagai satu rangkaian kegiatan Kongres Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Expo Produk Vokasi Indonesia. Kegiatan OLIVIA yang merupakan ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa vokasi se-Indonesia ini, menjadi sarana kompetisi yang mampu mengakomodir kompetensi mahasiswa vokasi yang tergabung dalam FPTVI maupun Perguruan Tinggi di luar FPTVI.
Baca juga: IPB 56 tahun panen prestasi nasional-internasional
Baca juga: PSM IPB juara pertama kompetisi koor internasional di Irlandia

Cabang lomba OLIVIA keempat yang dipertandingkan meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Business Plan, Lomba Video Blog, Lomba Piranti Cerdas, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Live Cooking, Lomba Inovasi Konstruksi dan Lomba Inovasi Energi Baru dan Terbarukan.

Arif Satria mengatakan, capaian IPB University sebagai Juara Umum tak lepas dari kerja keras tim, baik mahasiswa maupun dosen pembimbing. Sebanyak 53 mahasiswa unjuk kebolehan dan berhasil memboyong sejumlah penghargaan.

Beberapa pengharagaan itu di antaranya: Juara 1 Vlog bidang Pendidikan, Juara 1, 2, dan 3 Vlog bidang Teknologi, Juara 1 Expo Produk Vokasi Stand Teredukatif, Juara 2 Expo Produk Vokasi Stand Terfavorit, Juara 2 dan 3 Live Cooking, Juara 2 Karya Tulis Ilmiah, Juara 2 Rancang Bangun Energi Baru dan Terbarukan, Juara 2, Piranti Cerdas bidang Pendidikan, Juara 2 Piranti Cerdas bidang Industri, Juara 2 Vlog bidang Sosial Budaya, Juara 3 Inovasi Konstruksi Non Material, dan Juara 3 stand terbaik.
Baca juga: PSM IPB juara tiga di Montreaux Choral Festival

Sementara itu, Dekan SV IPB University, Dr Ir Arief Daryanto menyatakan bahwa kemenangan ini tidak lepas dari kerja keras, kerja cerdas dan upaya yang tidak mudah menyerah mahasiswa SV IPB University dan para dosen pembimbing dalam berkreasi dan berinovasi.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih para mahasiswa ini. Kemenangan ini juga dapat digunakan sebagai momen berharga untuk selalu introspeksi diri agar ke depan para mahasiswa dapat berkinerja lebih baik lagi," kata Dr Ir Arief Daryanto.

Menurutnya, untuk menghadapi olimpiade ini mahasiswa telah latihan dan bekerja keras di bawah bimbingan masing-masing dosen pembimbing. Bidang-bidang lomba di Olivia adalah implementasi dari kegiatan kuliah dan praktikum mahasiswa.
Baca juga: IPB Juara Kontes Tilik Ternak

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019