Kebakaran pasar penampungan Sukabumi tidak ada unsur kesengajaan

Kebakaran pasar penampungan Sukabumi tidak ada unsur kesengajaan

Petugas dan sukarelawan gabungan berupaya memadamkan api yang masih menyala di lokasi kebakaran pasar penampungan semantara di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jabar. ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota menyatakan kebakaran pasar penampungan sementara di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, yang menghanguskan 45 kios tidak ada unsur kesengajaan atau murni bencana/musibah.

"Dari hasil penyelidikan yang kami lakukan, kebakaran puluhan kios pasar yang terjadi pada Sabtu, (9/11) malam akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik," kata Waka Polres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman Salim di Sukabumi, Minggu.

Menurut dia, dari hasil penyelidikan kebakaran itu terjadi karena gardu listrik yang berada di atas kios pedagang yang menjual minyak wangi konslet dan apinya menyambar bangunan yang kemudian api dengan cepat membesar.

Baca juga: Kebakaran hanguskan kios pasar Citanglar Sukabumi

Mudahnya api membesar dan merembet dari satu kios ke kios lainnya, kata dia, karena bahan bangunan kios yang mudah terbakar, seperti kayu dan bambu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga saat ini masih mengembangkan kasus tersebut.

Untuk penyelidikan dan penyidikannya, kata dia, dialihkan ke Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sukabumi Kota.

Beruntung pada kasus kebakaran ini tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian masih dalam tahap pendataan dengan memintai keterangan dari pemilik maupun penyewa yang kiosnya terbakar.

Baca juga: Polisi selidiki kebakaran Pasar Pelita di Kota Sukabumi

"Kami pun sudah memintai keterangan dari sejumlah saksi untuk mengungkap penyebab terjadinya kebakaran ini. Kami pastikan musibah tersebut diakibatkan hubungan arus pendek listrik," katanya menekankan.

Sulaeman mengatakan baha petugas saat ini masih mengumpulkan barang bukti untuk pemeriksaan terkait dengan penyebab kebakaran yang terjadi pada hari Sabtu (9/11) sekitar pukul 18.30 WIB.

Sebelumnya diberitakan bahwa 45 kios di pasar penampungan sementara ludes dilalap si jago merah. Lokasi kebakaran yang bersebelahan dengan SPBU sempat membuat panik warga. Beruntung petugas pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Sukabumi mampu menghalau kobaran api.

Baca juga: 45 kios di pasar Citamiang Sukabumi terbakar

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jelang Nataru, Pertamina Delivery Service diluncurkan di Sukabumi

Komentar