Momentum hari pahlawan merekatkan persatuan dari Aceh sampai Papua

Momentum hari pahlawan merekatkan persatuan dari Aceh sampai Papua

Bupati Aceh Barat H Ramli MS (dua dari kiri) bersama pejabat dari unsur pimpinan daerah melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di kawasan Desa Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (10/11/2019). (ANTARA/HO)

"Pada momentum hari pahlawan ini, saya berharap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin kokoh dan rakyat makin bersatu untuk mempertahankan tanah air," kata Ramli MS.
Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengatakan bahwa momentum Hari Pahlawan 2019 merupakan ajang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dari Aceh sampai Papua.

"Pada momentum hari pahlawan ini, saya berharap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin kokoh dan rakyat makin bersatu untuk mempertahankan tanah air," kata Ramli MS, usai memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, di Meulaboh, Minggu.
Baca juga: Gajah sumatera pun hadir dalam upacara Hari Pahlawan di Aceh Jaya

Menurutnya, hari pahlawan diperingati setiap tahun karena di Indonesia memiliki banyak pahlawan yang sudah bersedia mengorbankan nyawa, harta dan benda untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Saat sekarang ini, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, ujarnya pula.

Tetapi, katanya lagi, kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan keselamatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa Indonesia di mata internasional

"Dengan menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi, untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia," kata Ramli.
Baca juga: Tema "Aku Pahlawan Masa Kini" dorong hal terbaik untuk bangsa

Ia juga menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa harus terus dipupuk dengan baik, agar tidak ada pihak mana pun yang dapat mengganggu keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar