Saham perawatan kesehatan dorong kenaikan pasar Australia

Saham perawatan kesehatan dorong kenaikan pasar Australia

Dokumentasi - Seorang investor terpantul di kaca jendela depan layar yang menunjukkan harga saham di Bursa Efek Australia (ASX) di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/Steven Saphore /aa

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin pagi, dengan saham perawatan kesehatan memimpin kenaikan, meskipun ada penurunan di saham material.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 34 poin atau 0,51 persen menjadi 6.758,10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 30,80 poin atau 0,45 persen pada 6.864,00 poin.

Sebagian besar sektor membaik dengan perolehan terbesar dalam saham perawatan kesehatan, diikuti oleh teknologi informasi.

"Indeks S&P500 AS mencapai tertinggi baru sepanjang masa pada Jumat lalu ketika imbal hasil obligasi naik lagi," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Optimisme seputar negosiasi perdagangan adalah faktor kunci dalam langkah-langkah baru-baru ini. Prospek global yang membaik berarti dukungan bank sentral kemungkinan berkurang."

Sementara itu, saham-saham material merosot, dengan harga komoditas membebani penambang, kecuali emas yang mengalami pembalikan dan menguat di awal perdagangan.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 0,94 persen, National Australia Bank naik 0,93 persen dan Westpac Bank naik 1,02 persen, namun ANZ turun 2,67 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan BHP turun 0,70 persen, Rio Tinto turun 1,65 persen dan Fortescue Metals turun 2,71 persen, namun penambang emas Newcrest naik 0,47 persen.

Produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 0,14 persen, Santos naik 0,49 persen dan Woodside Petroleum naik 1,75 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,30 persen dan Woolworths naik 0,56 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 1,49 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 2,55 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar