Jakarta (ANTARA) - Guard cadangan Miami Heat Dion Waiters diskors 10 pertandingan tanpa bayar pada Minggu, oleh klub NBA tersebut karena "melakukan kerusakan pada tim" setelah insiden dalam pesawat.

Menurut laporan AFP, Senin, larangan bermain tersebut dimulai saat Heat kalah pada Jumat di kandang Los Angeles Lakers dan tidak akan menyertakan pemain berusia 27 tahun itu hingga pertandingan 1 Desember di Brooklyn.

Waiters, yang dikontrak selama empat tahun senilai 52 juta dolar AS oleh Heat pada 2017, juga sudah dilarang main pada pertandingan awal musim yang dimenangi Heat atas Memphis bulan lalu, dan harus membayar 83.448 dolar AS.

Baca juga: LeBron James bawa Lakers tundukkan Heat pada laga terakhir di Los Angeles

Menurut berbagai laporan, Waiters terlibat dalam insiden dalam pesawat tim , Kamis malam, dalam penerbangan dari Phoenix ke Los Angeles, terlibat mengkonsumsi THC, bahan aktif dalam ganja.

Kebijakan obat-obatan NBA mencegah tim memberi komentar mengenai hal-hal seperti itu, namun Heat mengeluarkan pernyataan, Minggu, mengumumkan larangan main bagi Waiters.

"Kami sangat kecewa dengan tindakan Dion musim ini, termasuk situasi sangat menakutkan pada Kamis malam, dan bersyukur hasilnya tidak lebih buruk," kata Heat.

Baca juga: NBA hari ini, Heat pungkasi rentetan kekalahan kandang

"Ada sejumlah contoh musim ini bahwa Dion terlibat dalam tindakan yang merugikan tim. Karenanya, ia akan diskors tanpa membayar untuk 10 pertandingan, termasuk pertandingan melawan Lakers Jumat lalu, dan akan berhak kembali setelah pertandingan melawan Golden State Warriors pada 29 November.

"Kami bangga dengan bagaimana para pemain kami mengawali musim. Kami mengharapkan semua pemain kami, termasuk Dion, bertindak sesuai dengan standar tertinggi, dan menunjukkan profesionalisme dan menghormati rekan-rekan setim mereka, tim, dan fans serta komunitas NBA."

Waiters belum bergabung dengan tim di bangku pemain musim ini, meskipun ia diaktifkan untuk dua pertandingan.

Heat (6-3) selanjutnya akan bertanding pada Selasa di kandang

Baca juga: Heat dikabarkan sukses perpanjang kontrak Dion Waitersmelawan Detroit.

Waiters, terpilih keempat secara keseluruhan dalam NBA Draft 2012, mempunyai rata-rata 13,2 poin, 2,7 rebound dan 2,8 assist per satu pertandingan selama 409 penampilannya pada NBA dalam delapan musim bersama Cleveland, Oklahoma City dan Miami, demikian AFP.

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019