Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengungkap asal muasal nama panggilan "Jokowi" melalui akun media sosialnya Twitter dan Instagram.
​​​​​​
Presiden Jokowi melalui akun Twitter @jokowi dan Instagram yang dikunjungi pada Senin, menyebutkan nama panggilan "Jokowi" melekat bukanlah dari kecil

"Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Orang Prancis," cuit Presiden Jokowi.

Ia kemudian mengajak warganet untuk menyimak kisahnya melalui video berdurasi sekitar beberapa menit.

Video tersebut berisi penjelasan Bernard Chene tentang asal muasal nama panggilan Jokowi.

Bernard Chene mengisahkan asal nama panggilan Jokowi dalam bahasa Inggris. Video itu juga dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia.

Teks diawali dengan pertanyaan: Katanya panggilan "Jokowi" Anda yang buat. Apa cerita di baliknya?

Kemudian Bernard menjawab pertanyaan itu. Alasannya sangat sederhana. Di Perancis, kami terbiasa punya nama panggilan singkat.

Menurut dia, nama Joko Widodo terlalu panjang buat mereka.

"Kemudian saya tanya ke beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja? Dan begitulah awal ceritanya," jelasnya.

Setelah itu kembali muncul teks pertanyaan: Bagaimana perasaan Anda ketika nama panggilan "Jokowi" jadi dipakai semua orang?

Bernard menyebutkan nama itu awalnya hanya di antara dirinya dan dia (Jokowi). Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu.

"Ya mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya, Bagus!," katanya.

Sementara itu mengenai definisi nama Jokowi dalam tiga kata, Bernard menyebutkan dapat diandalkan, dapat dipercaya dan sangat pintar.

"Itu tiga kata untuk Jokowi," katanya.

Di akun Twitter, cuitan yang diunggah pada Minggu (10/11/2019) sekitar pukul 07.57 WIB itu, hingga Senin sekitar pukul 10.30 WIB sudah mendapat 3.083 retweet dan 16 ribu menyatakan suka.

Baca juga: Asal usul panggilan Jokowi

Pewarta: Agus Salim
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019