Reza Rahadian dirias enam jam di "Habibie & Ainun 3"

Reza Rahadian dirias enam jam di "Habibie & Ainun 3"

Aktor Reza Rahadian dalam peluncuran official trailer ke dua dan OST Habibie Ainun 3 di Jakarta, Senin (11/11/2019). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Reza Rahadian tak hanya harus mumpuni berakting di film "Habibie & Ainun 3". Dia juga harus berpenampilan setidaknya mendekati sang tokoh utama, B.J Habibie di masa senjanya.

Untuk itu, ada riasan khusus yang harus dia kenakan saat syuting dan proses meriasnya membutuhkan waktu hingga enam jam.

"Prostetik itu lama sekali, enam jam. Jadi saat pemain belum datang, saya sudah datang nungguin sampai makeup selesai," ujar Reza dalam peluncuran official trailer ke dua dan OST Habibie Ainun 3 di Jakarta, Senin.

Riasan prostetik ini dibuat per bagian wajah antara lain alis, dahi, pipi dan bagian-bagian lainnya sehingga mendukung penampilan Reza setidaknya 60 persen seperti mendiang Habibie.

"Struktur masing-masing, alis sendiri, jidat sendiri. Belum rambut terpisah, prosesnya cukup panjang," kata Reza.

Agar riasan tak mudah rusak, dia setidaknya tidak boleh terpapar panas matahari. Beruntung, sebagian besar lokasi syuting berada di dalam rumah. Hanya satu adegan Reza (mengenakan riasan prostetik) yang pengambilannya dilakukan di luar rumah.

Dalam kesempatan itu, produser MD Entertainment Manoj Punjabi mengatakan ide riasan prostetik berasal dari Reza. Saat naskah film masih dalam pembuatan, sekitar Agustus 2018, pihaknya sudah memutuskan riasan Reza akan maksimal.

"Prostetik ini ide Reza. Skrip masih dibuat, Agustus-September tahun lalu kami putuskan makeup akan all out. Akan miripkan Reza seperti Pak Habibie. Reza punya struktur tulang (wajah) mirip Pak Habibie," kata dia.

Baca juga: Dua pahlawan film menurut Reza Rahadian

Baca juga: Berbulu lebat, Reza Rahadian pernah disebut monyet

Baca juga: Reza Rahadian tulis lagu untuk film "Imperfect"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Reza Rahadian & Hanung kenang Habibie apa adanya

Komentar