Turki: 365.000 orang Suriah pulang ke tanah air mereka

Turki: 365.000 orang Suriah pulang ke tanah air mereka

Keluarga-keluarga Suriah, yang mengungsikan diri setelah Turki melancarkan serangan di Suriah, berkumpul untuk mendapatkan pembagian makanan dari lembaga amal Barzani di sebuah kamp pengungsi di pinggiran Dohuk, Irak, 18/10/2019. ANTARA/REUTERS/Ari Jalal/tm

Ankara (ANTARA) - Presiden Turki pada Minggu (10/11) mengatakan 365.000 pengungsi telah kembali ke tanah air mereka di Suriah.

Para pengungsi Suriah tersebut sudah pulang ke wilayah yang telah diamankan Turki melalui operasi antiterornya, kata Recep Tayyip Erdogan. Ia berbicara di Pusat Kebudayaan dan Kongres Nasional Betepe di Ibu Kota Turki, Ankara.

Erdogan menegaskan bahwa Turki akan berupaya agar lebih banyak pengungsi Suriah bisa pulang, baik dengan menyelenggarakan pertemuan donor internasional maupun melalui beberapa proyek percontohan.

Turki telah mengamankan satu daerah seluas lebih dari 8.100 kilometer persegi (3.130 mil persegi) di Suriah utara bagi kepulangan mereka, tambah presiden tersebut. 

Ia mengatakan pengamanan itu dicapai melalui operasi militer lintas-perbatasan yang dilakukan Turki di Suriah. Ia merujuk pada Operasi Perisai Eufrat, Cabang Zaitun dan Operasi Perdamaian Musim Semi.

Di dalam operasi itu, Turki melumpuhkan 3.500 anggota ISIS dan menangkap 5.500 lagi.

Pada 9 Oktober, Turki melancarkan Operasi Perdamaian Musim Semi untuk menumpas pelaku teror dari Suriah utara guna mengamankan perbatasan Turki, membantu kepulangan pengungsi Suriah secara aman, dan menjamin keutuhan wilayah Suriah. Ankara ingin membersihkan Suriah utara di sisi timur Sungai Eufrat dari anggota PKK dan cabangnya di Suriah, YPG.

Selama lebih dari 30 tahun aksi teror melawan Turki, PKK --yang dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa-- telah menyebabkan 40.000 orang kehilangan nyawa, termasuk perempuan, anak-anak dan bayi.

Sumber: Anadolu Agency

Baca juga: PBB: 94.000 orang Suriah telah pulang ke rumah mereka

Baca juga: Pengungsi Suriah pulang dari kamp di Jordania

Baca juga: Rusia tuding AS sebabkan krisis kemanusiaan di kamp pengungsian Suriah

 

Pengungsi Suriah Gelar Unjuk Rasa

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar