Festival Digital KTI dukung penerapan perbankan bergerak QRIS 2020

Festival Digital KTI dukung penerapan perbankan bergerak QRIS 2020

Suasana kegiatan media briefing Bank Indonesia Provinsi Sulsel di salah satu wakrop di Makassar, Senin (11/11/2019). ANTARA Foto/ HO/BI Sulsel

Implementasi QRIS secara nasional berlaku efektif mulai 1 Januari 2020 karena itu kami terus menggencarkan sosialisasi di lingkup sekolah, kampus dan masyarakat
Makassar (ANTARA) - Festival Digital Kawasan Timur Indonesia (KTI DIGI-FEST) 2020) akan turut menyosialisasikan penerapan perbankan bergerak yang disebut Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang efektif berlaku secara nasional mulai 1 Januari 2020.

Kepala Grup Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi Bank Indonesia (BI) Iwan Setiawan di Makassar, Senin, mengatakan festival itu akan dilaksanakan di Makassar pada 11-12 Januari 2020.

Dia mengatakan festival yang dilaksanakan di Kota Makassar sebagai hub KTI itu menjadi langkah awal transformasi digital dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital di KTI.

Pada DIGI-FEST tersebut selain kegiatan seremonial peluncuran DIGI-FEST, juga disajikan berbagai kegiatan menarik seperti fun sport, bazaar & expo, komunitas hobi, festival kopi, hiburan artis dan lain-lain yang seluruh transaksi pembayarannya akan menggunakan QRIS.

Baca juga: BI terapkan transaksi QRIS serentak mulai 2020, pemda diminta bersiap

Sementara mengenai riwayat perbankan bergerak itu digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau perbankan bergerak yang disebut QRIS telah diluncurkan Bank Indonesia bertepatan HUT RI pada 17 Agustus 2019.

"Implementasi QRIS secara nasional berlaku efektif mulai 1 Januari 2020 karena itu kami terus menggencarkan sosialisasi di lingkup sekolah, kampus dan masyarakat," kata Iwan.

Dia mengatakan QRIS ini UNGGUL dengan pemaknaan UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung.

Bersifat universal, karena penggunaannya inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik maupun nantinya luar negeri.

Sedang gampang, karena masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman, dalam satu genggaman ponsel.

Untung, karena transaksi dengan QRIS menguntungkan penjual dan pembeli, transaksi efisien dengan menggunakan satu QR Code yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Baca juga: BI: 3 bank minta izin kerja sama dengan Wechat-Alipay, ini syaratnya

Sementara langsung, karena prosesnya cepat dan seketika, sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran. Dengan demikian QRIS UNGGUL itu mampu mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan dan memajukan UMKM.

"Yang semua itu pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju," kata Iwan.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, untuk mendukung implementasi yang inklusif dan menyeluruh, sosialisasi dan edukasi ke seluruh lapisan masyarakat perlu dilakukan secara massif bekerja sama dengan PJSP dan prominent person.

Sementara Sulsel yang merupakan daerah yang istimewa dan unik dan memiliki julukan the gateway of eastern Indonesia ini menjadi pusat ekonomi, pariwisata, kuliner, pendidikan serta jasa kesehatan untuk Kawasan Timur Indonesia.

"Hal itu yang mendasari kegiatan festival digital untuk KTI 2020 itu dipilih di Kota Makassar," kata Iwan.

Baca juga: BI NTT perkenalkan sistem pembayaran digital QRIS

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi harap Indonesia seperti Tom Hanks dalam "Cast Away"

Komentar