Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol akhir pekan nanti akan menjadi pemberhentian terakhir balapan MotoGP musim 2019.

Menuju balapan seri ke-19 itu, Marc Marquez (Repsol Honda) telah jauh-jauh hari mengunci gelar juara dunia ke-6 di kelas premier dan membawa Honda mengunci gelar konstruktor musim ini.

Meski demikian, masih akan ada pertarungan di sirkuit mungil sepanjang 4km di pinggir Laut Mediterania itu karena GP Valencia akan menjadi kesempatan pamungkas Marquez untuk mengawinkan Tiga Mahkota bagi Honda ketika Repsol Honda tertinggal hanya dua poin dari Ducati Team di klasemen tim.

Baca juga: Rampung operasi bahu, Nakagami gunakan motor Marquez di musim depan

Andrea Dovizioso (Ducati), yang menjadi juara di Valencia tahun lalu, dan rekan satu timnya, Danilo Petrucci, tentunya tak akan membiarkan gelar tim terbaik itu direbut oleh sang tim rival.

Akan menjadi tugas berat bagi Marquez nampaknya di saat Jorge Lorenzo masih berkutat dengan cedera dan proses adaptasi dengan Honda.

Tak hanya itu, ketika Honda dan Ducati menjalani pertarungan final mereka, Yamaha ingin menjaga momentum hasil positif mereka setelah Maverick Vinales membawa pulang trofi juara di Sepang, sedangkan Valentino Rossi juga menikmati pertarungan dengan Dovizioso untuk podium dua pekan lalu.

Vinales menunjukkan salah satu performa terbaiknya musim ini ketika finis tiga detik lebih cepat dari siapa pun dan menang telak atas Marquez di Malaysia.

Pebalap bernomor 12 itu belum pernah menang di Valencia di kelas MotoGP namun memiliki kenangan indah di sana ketika manuvernya di tikungan terakhir dan lap terakhir membawanya meraih gelar juara dunia Moto3 pada 2013.

Baca juga: Vinales persembahkan kemenangan Sepang untuk Afridza Munandar

Baca juga: Yamaha kompetitif, Rossi nikmati pertarungan untuk podium di Sepang


Pasca GP Ceko, Vinales membawa Yamaha sangat kompetitif, terkecuali GP Australia, dengan selalu finis peringkat lima besar atau lebih baik, empat di antaranya merupakan finis podium.

Kemenangannya di Malaysia mendongkrak posisi Vinales ke peringkat tiga klasemen, menyalip Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Rins mendapati hasil yang tak stabil sejak kemenangan sensasional di Silverstone. Pebalap asal Spanyol itu mengemas 11 poin setelah finis di belakang Dovizioso dan Valentino Rossi di Sepang dan kini terpaut tujuh poin dari rival senegaranya, Vinales, untuk bertarung memperebutkan peringkat tiga kejuaraan.

Tahun lalu Rins finis P2 di Valencia setelah rival-rival bertumbangan ketika trek diguyur hujan lebat. Pebalap bernomor 42 itu harus mengalahkan Vinales jika ingin mengakhiri musim di peringkat tiga.

Di kala posisi runner-up musim ini telah dikunci Dovizioso, peringkat ketiga bukan hasil yang ideal bagi Vinales dan Rins, tapi setidaknya posisi itu bisa menjadi modal bagus mengawali musim 2020 yang dimulai beberapa hari setelah GP Valencia.

Baca juga: Masih berambisi raih gelar juara, Rossi ganti kepala kru tahun depan

Valencia juga akan menjadi kesempatan terakhir bagi rookie terbaik musim ini, Fabio Quartararo, untuk mengincar kemenangan pertamanya di kelas premier.

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT itu saat ini juga memimpin klasemen pebalap tim independen dengan margin 23 poin dari saingan terdekatnya, Jack Miller dari tim Pramac Racing.

Pebalap tim independen lainnya, Johann Zarco akan menjalani balapan ketiganya bersama LCR Honda menggantikan Takaaki Nakagami yang mengalami cedera bahu.

GP Valencia kemungkinan menjadi balapan terakhir Zarco di MotoGP di saat dirinya belum tahu apa yang akan dilakukan musim depan.

Baca juga: Duo Petronas Yamaha SRT "melempem" di Sepang, ada apa?

Baca juga: Manajer LCR Honda terkesan dengan performa Zarco


Sementara itu, di kubu KTM, Pol Espargaro mempersembahkan podium pertama bagi dirinya dan bagi KTM Factory Racing tahun lalu setelah finis ketiga di Valencia.

Sedangkan tim KTM Tech 3 tak akan diperkuat oleh Miguel Oliveira di Valencia karena sang pebalap Portugal itu baru saja menjalani operasi bahu. Pebalap Moto2 Iker Lecuona ditarik untuk menggantikan Oliveira dan menjalani debut MotoGP lebih awal sebelum turun satu musim penuh bersama Tech 3 pada 2020.

Seri ke-19 akan digelar Minggu pukul 20:00 WIB di Valencia dan menutup musim MotoGP 2019. Dua hari berselang, tes pra-musim akan digelar pada Selasa di trek Ricardo Tormo, Selasa untuk mengawali musim balapan 2020 yang terdiri dari 20 seri balapan.

Baca juga: MotoGP keluarkan kalender provisional musim balapan 2020

Baca juga: Tes resmi Valencia dan Qatar ditiadakan untuk musim 2021

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019