Penambahan Satpol PP Kota Bogor akan dikonsultasikan

Penambahan Satpol PP Kota Bogor akan dikonsultasikan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Tenaga Satpol PP di Kota Bogor masih kurang. Jumlahnya saat ini cuma ada sekitar 150 orang
Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan akan berkonsultasi dengan pejabat di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait penambahan tenaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kota Bogor.

"Tenaga Satpol PP di Kota Bogor masih kurang. Jumlahnya saat ini cuma ada sekitar 150 orang," kata Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor, Selasa.

Menurut Bima Arya, untuk menjalankan ketertiban umum di Kota Bogor yang berpenduduk sekitar 1,1 juta jiwa, jumlah Satpol PP yang ada saat ini masih kurang.

Baca juga: Kepala Satpol PP DKI tertibkan pemilik reklame

"Untuk kondisi saat ini, paling tidak ada sekitar 300 Satpol PP di Kota Bogor," katanya.

Pemerintah Kota Bogor, kata dia, membutuhkan penambahan tenaga Satpol PP, tapi terbentur oleh regulasi dari Pemerintah Pusat.

Menurut Bima, Pemerintah Kota Bogor ingin menambah jumlah Satpol PP dengan status pegawai kontrak, yakni perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), tapi belum bisa karena aturan dari pusat belum membolehkan.

Baca juga: Satpol PP Jakbar tertibkan PKL Kalideres karena membuat jalanan kumuh

"Bagi Kota Bogor penambahan jumlah tenaga Satpol PP adalah kebutuhan yang penting, tapi masih terbentur aturan dari Pemerintah Pusat," katanya

Doktor ilmu politik lulusan Australia ini menambahkan, DPRD Kota Bogor saat ini akan segera membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Ketertiban Umum yang kaitannya sangat erat dengan tenaga Satpol PP.

DPRD menargetkan dapat menyelesaikan pembahasan Raperda tersebut dalam waktu enam bulan atau kurang.

Baca juga: Satpol PP Jaktim bantah pencuri motor berseragam anggota

Menurut Bima, kalaupun Raperda tersebut sudah selesai dibahas dan diberlakukan sebagai Perda, tapi sulit meningkatkan kinerja ketertiban umum di Kota Bogor karena tenaga Satpol PP
masih kurang.

Karena itu, Bima Arya berencana akan melakukan konsultasi dengan pejabat terkait di Kementerian PAN RB untuk opsi penambahan tenaga Satpol PP ini.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Puluhan karaoke liar dibongkar paksa Satpol PP

Komentar