Saya instruksikan untuk selalu siaga, dimana saat ini sudah beberapa kali terjadi hujan
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Jakarta Utara Kombes Polisi Budhi Herdi mengintruksikan semua jajaran kepolisian untuk selalu siaga mengantisipasi bencana banjir saat musim penghujan.

"Saya instruksikan untuk selalu siaga, dimana saat ini sudah beberapa kali terjadi hujan," kata Kapolres di Jakarta, Selasa.

Kapolres menjelaskan Jakarta Utara merupakan daerah pesisir yang berdekatan dengan laut, apabila curah hujan cukup tinggi dan air laut sedang pasang, tentunya sangat berpotensi terjadinya genangan hingga banjir.

Baca juga: Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi bencana di musim hujan

Instruksi yang dilakukan dengan para personel hingga tingkat Bhabinkamtibmas, agar dapat berkoordinasi dengan unsur pemerintah.

Selain itu, upaya pencegahan juga turut dilakukan misalnya kordinasi pembersihan aliran air dan gorong-gorong yang banyak sampah.

Polres Jakarta Utara juga menyiapkan alat bantu ringan seperti gergaji tangan (chainsaw) di beberapa mobil patroli Polri. Alat itu berguna jika hujan adanya pohon tumbang sebagai bantuan penanganan cepat.

Baca juga: Anggaran Rp1 triliun diusulkan untuk penanggulangan banjir Jakarta

"Kami telah membenahi beberapa kapal karet milik Polri, untuk dipersiapkan jika terjadi banjir," ujar Kapolres.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan potensi banjir di Jakarta disebabkan tiga hal yakni kiriman air dari hulu, hujan di Jakarta dan air laut pasang atau rob.

Baca juga: Jakarta Barat antisipasi banjir di lima wilayah

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019