Jakarta (ANTARA) - Sehari setelah pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jumlah pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Jakarra Barat meningkat tiga kali lipat.

Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan Polres Metro Jakarta Barat Ipda Kartiman, Selasa menyebutkan, peningkatan drastis dari para pembuat SKCK yang ingin mendaftar CPNS.

"Peningkatan sudah terlihat dari seminggu lalu. Biasanya 100, seminggu kemarin jumlahnya 200-an. Sejak kemarin itu memang meningkat pesat jadi 300 orang," kata Kartiman.

Banyaknya pemohon membuat pihaknya menambah jumlah pegawai serta menyesuaikan jam kerja.

Bila pada hari biasa pembuatan SKCK hanya beroperasi sampai pukul 15.00 WIB, maka untuk saat ini pihaknya memastikan akan tetap melayani sampai seluruh SKCK yang diurus hari itu selesai dikeluarkan.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Barat perpanjang waktu permohonan SKCK
Baca juga: Warga nilai pembuatan SKCK 2018 lebih efisien


Selain itu, pemohon SKCK yang tengah ada keperluan lain juga bisa datang kembali di lain waktu. Polisi akan memberikan kwitansi sebagai tanda pengambilan SKCK.

"Sekarang lebih fleksibel sampai selesai semua. Apabila pas siang pemohon ada keperluan, bisa pergi dulu nanti kami tunggu sampai pukul 8 malam atau diambil besok," ujarnya.

Di Polres Jakarta Barat, ratusan pemuda mengantre panjang sejak pagi untuk mengurus pembuatan SKCK. Mereka memenuhi ruangan pembuatan SKCK yang berada di lantai dasar Mapolres Metro Jakarta Barat.

Sebuah tenda juga dibangun di halaman Mapolres untuk tempat menunggu para pemohon SKCK yang tak tertampung di dalam.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019