Polisi Prancis bubarkan massa yang blokir jalan utama dengan Spanyol

Polisi Prancis bubarkan massa yang blokir jalan utama dengan Spanyol

Petugas kepolisian Spanyol dan pengemudi kendaraan berada di jalan raya di Le Perthus dekat perbatasan Prancis-Spanyol saat demonstran Catalan memblokir jalan raya Spanyol sebagai bentuk mogok masal Catalunya, di Prancis, Sabtu (19/10/2019).(REUTERS/REGIS DUVIGNAU)

London (ANTARA) - Polisi anti huru-hara Prancis, Selasa pagi, membubarkan ratusan demonstran pro-kemerdekaan Catalunya yang memblokir akses jalan utama, yang menghubungkan kawasan Spanyol dan Prancis selama hampir 24 jam.

Polisi di sisi perbatasan Prancis di La Jonquera terlihat mendorong para demonstran ke sisi perbatasan Spanyol dan membersihkan puing-puing dari jalan raya AP-7, rute utama dari Prancis ke Spanyol selatan yang diblokir di kedua arah.

Baca juga: Ribuan orang berkumpul di Barcelona pada hari kelima protes Catalunya

Sejumlah truk dan arus lalu lintas lainnya dialihkan ke jalan alternatif saat demonstran memasang blokade beton di jalan raya dan menyiapkan panggung untuk orasi.

Catalunya diguncang serentetan aksi protes sejak vonis penjara belasan tahun pada pertengahan Oktober dijatuhkan kepada sembilan pemimpin separatis yang mempelopori upaya kemerdekaan yang gagal pada 2017.

Baca juga: Pemimpin separatis Catalunya katakan referendum baru tak terhindarkan

Ditanya apa yang harus dilakukan oleh polisi Catalunya dengan demonstran yang dikirim kembali melewati perbatasan dari Prancis, pemimpin pemerintah Catalunya, Quim Torra, mengatakan tidak ada alasan untuk menuntut mereka. "Kami meminta operasi ini dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak ada seorang pun yang terluka," katanya kepada Radio Catalunya.

Baca juga: Ratusan orang di Barcelona protes kunjungan Raja Spanyol

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar