Anti Hoax

Informasi loker tenaga kebersihan kebun binatang Ragunan, ini penjelasannya

Informasi loker tenaga kebersihan kebun binatang Ragunan, ini penjelasannya

Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, untuk pertama kalinya tutup di hari pertama Idul Fitri 1440H, Rabu (5/6/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Informasi lowongan kerja sebagai petugas kebersihan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, telah dimuat di situs olx.co.id sejak 3 November 2019.

Marlina, selaku pembuat iklan jasa itu, menyertakan sejumlah syarat bagi pelamar yang akan mendaftarkan diri sebagai tenaga kebersihan di kebun binatang pertama yang ada di Indonesia tersebut.

Beberapa syaratnya adalah harus berdomisili tidak jauh dari Ragunan, memiliki kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM), serta diutamakan bagi pelamar yang belum menikah. 

Dalam kolom deskripsi juga dijelaskan bahwa lowongan pekerjaan tersebut ditujukan bagi beberapa pelamar dengan jenjang usia 17 hingga 21 tahun, serta besaran gaji sebesar Rp2.500.000 sampai Rp2.800.000.
Tangkapan layar konfirmasi Kominfo soal hoaks loker petugas kebersihan Ragunan (Antara/Kominfo)



Klaim: Informasi loker tenaga kebersihan kebun binatang Ragunan
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Pengelola Kebun Binatang Ragunan, melalui akun Instagram @ragunanzoo, kemudian menanggapi peredaran iklan lowongan kerja tersebut dalam unggahannya pada Sabtu (9/11). 

Akun Instagram dengan 58 ribu lebih pengikut itu menerangkan bahwa iklan rekrutmen petugas kebersihan di Kebun Binatang Ragunan tersebut merupakan kabar bohong atau hoaks.

"Taman Margasatwa Ragunan mengimbau agar tetap berhati-hati dalam menerima informasi, dan mencari tahu lebih kebernaran informasi," tulis pengelola dalam kolom keterangan Instagram.

Pengelola juga menyarankan agar segala kabar tentang Kebun Binatang Ragunan sebaiknya dikonfirmasi ulang melalui media sosial maupun laman resmi ragunanzoo.jakarta.go.id.  

Cek fakta: Hoaks, lowongan kerja di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar


















 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Arie Novarina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cegah Hoaks, Divisi Humas Mabes Polri gandeng LKBN Antara

Komentar