Pemerintah jadikan Habibie Award ajang tahunan nasional

Pemerintah jadikan Habibie Award ajang tahunan nasional

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro berbicara kepada wartawan dalam acara penganugerahan Habibie Award di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (12/11/2019). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak/aa.

Habibie Award mendorong para peneliti terutama yang masih muda untuk konsisten di bidang penelitian dan keilmuannya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional menjadikan ajang penganugerahan penghargaan Habibie Award sebagai acara tahunan nasional mulai 2020.

"Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN berkomitmen untuk menjadikan Habibie Award tingkat nasional," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro dalam acara penganugerahan Habibie Award di Jakarta, Selasa.

Menristek Bambang telah berbicara dengan pihak yayasan The Habibie Center yang menyelenggarakan Habibie Award dan sepakat untuk menjadikan Habibie Award sebagai acara nasional yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Tkenologi mulai tahun depan.
Baca juga: Empat ilmuwan raih Habibie Award Ke-18
Baca juga: Empat peneliti raih Habibie Award 2014


Dia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan The Habibie Center sehingga transisi pelaksanaan Habibie Award akan berjalan mulus untuk diambil alih oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Dia berharap lewat penghargaan yang akan menjadi ajang nasional itu dapat meningkatkan semangat dan mendukung para peneliti di Indonesia untuk konsisten berkarya di bidangnya dan terus mengembangkan ilmu.

"Habibie Award ini mendorong para peneliti terutama yang masih muda untuk konsisten di bidang penelitian dan keilmuannya," ujarnya.
Baca juga: Kreator "Fin Komodo" dianugerahi BJ Habibie Award
Baca juga: Pengembang "fuel cell" dianugrahi BJ Habibie Award


Jika setiap tahun, orang-orang di dunia menunggu penghargaan Nobel, maka Menristek Bambang menginginkan gema semangat untuk meraih penghargaan semacam itu bisa dirasakan melalui Habibie Award yang memang diperuntukkan untuk tingkat nasional di Indonesia.

"Kami angkat Habibie Award di tingkat nasional, supaya semua orang, peneliti misalnya peneliti muda membuat target tujuan mungkin dia menbayangkan fokus penelitian di bidang ini dengan terobosan spesifikasi dan kekhususan tertentu sehingga 5 tahun lagi bisa menang Habibie Award," tuturnya.
Baca juga: Pakar perkapalan Kaharuddin Djenod raih "Habibie Award"

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

12 pendeteksi tsunami buatan BPPT gantikan yang lama

Komentar