SEA Games 2019

Indra: kapten timnas U-22 di SEA Games tidak harus pemain senior

Indra: kapten timnas U-22 di SEA Games tidak harus pemain senior

Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri memberikan keterangan dalam konferensi pers menjelang laga persahabatan kedua kesebelasan di Bali, Selasa (12/11/2019). Pertandingan itu sendiri digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019). (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri menegaskan bahwa posisi kapten di skuatnya yang akan berlaga di SEA Games 2019 tidak harus diberikan kepada pemain senior.

“Kapten itu tidak harus pemain senior,” ujar Indra, dikutip dari pernyataan resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

Setiap timnas U-22 cabang olahraga sepak bola putra memang dipersilakan membawa dua pemain senior di SEA Games 2019, yang berusia di atas 22 tahun, dari total 20 pemain yang dilibatkan dalam Pesta Olahraga se-Asia Tenggara ke-30 tersebut.

Indonesia sendiri belum memutuskan sosok pemain senior itu. Namun, Indra Sjafri memasukkan nama gelandang klub Barito Putera Evan Dimas dan penyerang Madura United Alberto ‘Beto’ Goncalves untuk pertandingan uji coba timnya melawan Iran di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019).

Menurut Indra, ban kapten timnya masih melingkar di lengan bek tengah Andy Setyo. Akan tetapi, saat berhadapan dengan Iran di Bali, posisi kapten bisa saja beralih ke bek asal Bali I Kadek Agung Widnyana.

“Kalau Kadek masuk dalam skema permainan, dia akan menjadi kapten besok. Namun, kalau tidak masuk, kapten tetap Andy,” tutur dia.

Untuk memilih kapten tim, juru taktik yang membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 tahun 2019 itu menyebut bahwa dirinya membuat keputusan berdasarkan serangkaian tes potensi dan kemampuan yang diterapkan di timnas U-22.

“Dari sana kami akan mengetahui kemampuan dan karakter pemain,” kata Indra.

Pertandingan cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019 di Filipina berlangsung mulai 25 November 2019.

Timnas U-22 Indonesia yang ditargetkan meraih medali emas bergabung di Grup B bersama Laos, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam dan juara bertahan Thailand. Laga perdana Indonesia di SEA Games 2019 bergulir pada 26 November 2019 melawan Thailand.

Sebelum berangkat ke Filipina, timnas U-22 Indonesia akan menghadapi timnas U-23 Iran dalam dua laga uji coba pada Rabu (13/11) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan Sabtu (16/11) di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat. Kedua pertandingan ini dimulai pada pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Indra: timnas U-22 versus Iran ajang pembuktian kualitas pemain

Baca juga: Pelatih: Laga kontra timnas U-22 Indonesia penting untuk Iran

Baca juga: 'Beto' Goncalves gabung timnas U-22 mulai Jumat


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Timnas sepak bola U-22 resmi dipulangkan ke klub

Komentar