Taman Betawi baru di kolong Tol Joglo dilengkapi saung dan mushala

Taman Betawi baru di kolong Tol Joglo dilengkapi saung dan mushala

Taman Betawi di kolong Tol Joglo Jakarta Barat, Selasa (12/11/2019). (ANTARA/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Lahan kosong di kolong Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W 2) Joglo, Jakarta Barat, yang tidak dimanfaatkan kini dibangun Taman Betawi yang dilengkapi saung dan mushala.

Lurah Joglo Matrullah menjelaskan pembangunan Taman Betawi baru tersebut dilakukan sejak Agustus dan kini fisiknya mencapai 90 persen.

"Selain dilukis mural 3 dimensi, taman juga akan dilengkapi saung untuk berjualan makanan khas Betawi seperti selendang mayang dan sebagainya, hasil olahan PKK dan karang taruna," kata Matrullah di Jakarta, Selasa.

Matrullah menambahkan, lokasi tersebut juga disediakan tempat shalat, wudhu, tempat duduk untuk bersantai serta arena bermain untuk anak seperti ayunan dan sebagainya.

Baca juga: Anak-Anak eks-Kalijodo bersekolah di kolong Jembatan Lima
Baca juga: Anies Baswedan minta pengelolaan kolong tol diserahkan ke Pemprov DKI


Hasil fisik yang tampak kini adalah empat bidang tembok dengan panjang dan tinggi 12X4 meter dilukis mural bergambar elang yang menjadi ciri khas kota Jakarta, gambar Transjakarta serta gambar rumah adat Betawi.

Penataan kolong tol tersebut tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun dari "Corporate Social Responsibility" (CSR) perusahaan serta bantuan masyarakat.

"Paling lambat akhir November ini rampung. Dilokasi ini bisa juga menampung 120 kendaraan roda dua parkir," katanya.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres JK : Jakarta - Jawa Barat perlu sistem energi bertingkat

Komentar