ITDC peringati HUT ke-46 dengan semangat penyelenggaraan MotoGP 2021

ITDC peringati HUT ke-46 dengan semangat penyelenggaraan MotoGP 2021

Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita. Antaranews Bali/Fikri Yusuf

Badung (ANTARA) - BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), memperingati HUT ke-46 dengan semangat mewujudkan penyelenggaraan kejuaraan balap dunia MotoGP di The Mandalika pada tahun 2021.

"Dengan tema ‘Embracing Energy of Race’, pada peringatan HUT tahun ini kami merujuk kepada perjalanan ITDC selama 2019 dan memasuki 2020 dalam mempersiapkan MotoGP pada tahun 2021," ujar Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa.

Ia mengatakan, usia 46 merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi ITDC karena BUMN tersebut mengembangkan dan membangun kawasan Sirkuit MotoGP di kawasan Mandalika, Lombok.

"Itu momentum yang patut kami syukuri selain kami terus mensyukuri perkembangan positif ITDC dalam mengembangkan kepariwisataan Indonesia," katanya.

Perayaan hari ulang tahun tersebut, diselenggarakan dalam bentuk syukuran di tiga wilayah kantor ITDC yaitu di Jakarta, The Nusa Dua Bali, dan The Mandalika Lombok.

Pada akhir Januari 2019 lalu, ITDC telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sports SL, pemegang hak siar dan penyelenggaraan MotoGP di dunia, untuk membawa gelaran MotoGP dan World Superbike ke Indonesia, tepatnya ke The Mandalika.

Tahun 2019 juga menjadi tahun dimulainya pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang saat ini telah memasuki tahap konstruksi badan jalan dan tengah menyelesaikan proses homologasi, serta akan memasuki tahap pengaspalan pada Januari 2020 mendatang.

Pihak Dorna sendiri telah mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika direncanakan akan digunakan untuk tes pra-musim 2021 MotoGP pada Februari atau Maret 2021.

"Penyelenggaraan MotoGP ini membutuhkan semangat seluruh jajaran perusahaan dalam mewujudkan penyelenggaraan kegiatan olahraga yang akan membawa nama Indonesia ke dunia itu," ujar Ngurah Ardita.

Untuk kawasan The Nusa Dua, peringatan HUT ke-46 ITDC itu patut disyukuri karena kawasan tersebut berhasil meraih sertifikat Sustainable Tourism atau sertifikat Pariwisata berkelanjutan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata.

"Momen-momen penting tersebut menjadi semangat dan pemicu kami dalam bergerak dan terus berkembang lebih baik kedepannya," katanya.

Selain mengadakan syukuran, perayaan HUT ke-46 ITDC juga diisi dengan penyerahan bantuan di The Nusa Dua dan The Mandalika.

Di The Nusa Dua, ITDC menyerahkan bantuan berupa program Bina Lingkungan bantuan sarana ibadah kepada Desa Bualu, Desa Peminge dan Desa Kampial senilai Rp200 juta serta beasiswa untuk 19 siswa berprestasi yang dua diantaranya merupakan anak pegawai ITDC.

Sedangkan di The Mandalika, selain mengundang pegawai Purnabhakti ITDC, juga dilakukan penyerahan bantuan berupa beasiswa untuk dua orang siswa berprestasi serta bantuan sarana dan prasarana ibadah untuk mushola di desa penyangga The Mandalika.

Rangkaian kegiatan ulang tahun ke-46 ITDC, akan ditutup dengan malam puncak perayaan pada 16 November mendatang, di The Westin Resort Nusa Dua, yang akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada karyawan dan dimeriahkan antara lain oleh penampilan sejumlah musisi dan kesenian.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemda didorong maksimalkan desa wisata dan kapal pesiar

Komentar