maghrib kan waktunya sangat singkat, kita bantu dengan dua truk air untuk wudhu
Sentul, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat memasok dua truk air bersih untuk keperluan wudhu di lokasi Rapat Koordinasi (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu.

"Kita bantu-bantu, bantu pengamanan, bantu air juga untuk wudhu. Maghrib kan waktunya sangat singkat, kita bantu dengan dua truk air untuk wudhu," ujar Bupati Bogor, Ade Yasin kepada Antara di lokasi Rakornas Forkopimda.

Pasalnya, Rakor yang dibagi menjadi delapan panel itu dilakukan sejak pagi hingga malam hari. Maka, pihaknya juga tak lupa menyiagakan tenaga kesehatan untuk siaga di lokasi.

Baca juga: Jokowi minta kebijakan jangan dikriminalisasi
Baca juga: Rakornas Forkopimda, Jokowi bersyukur pertumbuhan ekonomi terjaga


Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebutkan bahwa Rakornas antara Forkopimda se-Indonesia di SICC itu dihadiri sekitar 3.000an pejabat.

"Yang hadir kurang lebih 3.000 mulai dari pemerintah daerah tingkat satu, tingkat dua Bupati Wali Kota, kemudian ada Ketua DPRD tingkat kabupaten dan kota," ujar Tito Karnavian usai rapat persiapan di Hotel Harris yang lokasinya bersebrangan dengan SICC, Selasa malam.

Menurutnya, unsur Forkominda dari penegak hukum yang juga hadir antara lain dari TNI, Polri dan Kejaksaan. Kemudian akan hadir pula pejabat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Periksa Keuangan (BPK).

Baca juga: Presiden arahkan pimpinan daerah hati-hati hadapi insiden
Baca juga: Rakornas Forkopimda di Bogor akan dihadiri 3.000-an pejabat


Tito mengatakan, Rakornas Forkopimda yang digelar perdana ini memiliki tema 'Sinergi untuk Indonesia maju'. Tujuannya yaitu menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia. Sehingga, ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ketuk palu.

Pasalnya, ada lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, yaitu pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi, kelima yaitu transformasi ekonomi.

"Nanti penjabaran banyak sekali oleh Menteri, Menko, itu nanti diharapkan bisa dimasukkan dalam program daerah membangun membuat dasar kebutuhan khas masing-masing," tuturnya.

Baca juga: Mendagri cek lokasi Rakornas Forkopimda di SICC Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019