Sementara ini sudah ada 11 perusahaan yang mau kerja sama
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tengah gencar mengembangkan wisata edukasi yang mulai diterapkan di beberapa destinasi wisata di wilayah tersebut.

"Wisata industri misalnya. Jadi bukan hanya jalan-jalan saja, tapi wisatawan juga akan diberi pengetahuan umum tentang industri. Sementara ini sudah ada 11 perusahaan yang mau kerja sama," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Encep Suprihatin Jaya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu.

Selain wisata industri objek wisata lainnya juga turut dikembangkan menjadi wisata edukasi seperti Situ Binong di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, dan Gedung Juang di Kecamatan Tambun Selatan.

"Orang tua yang mengajak anaknya bisa berwisata sambil belajar, mengenal sejarah, dan pengetahuan umum lainnya," katanya.

Pihaknya juga akan menjadikan wisata alam untuk dikembangkan menjadi wisata edukasi seperti objek wisata maritim di Kecamatan Muaragembong dan Tarumajaya.

"Laut itu domainnya provinsi, makanya kita kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan potensi wisata laut di Muaragembong dan Tarumajaya menjadi wisata edukasi," ungkapnya.

Menurut Encep pembangunan destinasi wisata juga dilakukan bersamaan dengan akses dan infrastruktur pendukung lainnya. Oleh karena itu perlu ada koordinasi dengan instansi terkait untuk membangun objek wisata.

"Karena itu kita akan bekerja sama dengan semua dinas. Kita tidak bisa sendirian mengerjakannya," ucapnya.

Selain obyek wisata tersebut ,ada lima danau lainnya yang juga direkomendasikan untuk dijadikan destinasi wisata, salah satunya Situ Abidin di Kecamatan Bojongmangu.

"Wisata air yang akan dikembangkan juga tidak lepas dari wisata edukasi. Jadi selain menghibur juga mendapat ilmu pengetahuan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019