Rekomendasi roti hingga buah untuk penyandang diabetes

Rekomendasi roti hingga buah untuk penyandang diabetes

Pekerja mengeluarkan roti dalam pemanas di salah satu industri roti rumahan di Medan, Sumatera Utara, Jumat (2/3/2018). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Jakarta (ANTARA) - Gaya hidup sehat, salah satunya konsumsi makanan dengan kandungan gula tak tinggi menjadi rekomendasi para ahli kesehatan terutama para penyandang diabetes tipe dua demi menjaga kadar gula terkendali.

"Pilih yang sehat. Nasi, kalau bisa campur beras putih dan merah. Roti pilih yang gandum," ujar dokter spesialis gizi Dr dr Fiastuti Witjaksono di Jakarta, Rabu.

Pilihan makanan lainnya, kentang kukus dengan kulitnya. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun dalam hidangan kentang kukus itu.

"Oatmeal juga bagus untuk diabetes karena indeks glikemiknya rendah," kata Fiastuti.

Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran dan buah karena mengandung kadar serat tinggi sehingga mencegah gula darah melonjak tinggi. Namun, pilihlah buah dan sayur yang tidak terlalu manis.

"Buah manis jangan, misalnya mangga yang terlalu matang atau pisang. Pilih yang tidak terlalu manis seperti apel, pir, alpukat," tutur Fiastuti.

Sebuah studi dalam journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan, teh hitam juga bagus untuk mencegah, memperlambat dan komplikasi diabetes.

Sama seperti orang sehat pada umumnya, penyandang diabetes juga dianjurkan mengonsumsi camilan di antara dua waktu makan. Tetap pilihlah yang tidak manis seperti kacang rebus.

Para penyandang diabetes perlu menjaga kadar gula darah agar tak melonjak agar tidak menghadapi sejumlah komplikasi termasuk masalah ginjal, kerusakan saraf dan serangan jantung, ataupun gula darah turun drastis demi mencegah hipoglikemi.


Baca juga: Sarapan ala Melanie Ricardo

Baca juga: Makanan berserat kurangi resiko kanker usus

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dirjen P2P Kemenkes pastikan tenaga ahli diabetes di Indonesia mencukupi

Komentar