Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara terus meningkatkan sosialisasi mengenai rumah pintar pemilu sebagai salah satu bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat yang ada di wilayah setempat.

"Meski tahapan pemilu sudah selesai, upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjarnegara," kata anggota KPU Kabupaten Banjarnegara M. Syarif S.W. di Banjarnegara, Rabu.

Pada saat ini Kantor KPU Kabupaten Banjarnegara sudah dilengkapi dengan rumah pintar pemilu.

Rumah pintar pemilu ini merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU Banjarnegara untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat. Selain itu, juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian, atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.

Baca juga: KPU hadirkan "Rumah Pintar Pemilu" Legislative Ekspo

Untuk itu, kata dia, wahana edukasi rumah pintar pemilu dapat dikunjungi oleh masyarakat Banjarnegara, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, umum, dan semua pihak yang tertarik dengan pemilu.

"Rumah pintar pemilu juga dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam berdiskusi serta menyalurkan ide-ide pembaharuan tentang kepemiluan," katanya.

Selain itu, ada tiga ruangan dalam rumah pintar pemilu KPU Kabupaten Banjarnegara. Pertama, ruang display yang menyediakan data grafis sejarah KPU, pemilu, dan hasil-hasil pemilu. Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada.

Kedua, lanjut dia, ruang simulasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai perlengkapan kepemiluan.

Ketiga, ruang audio visual yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

Baca juga: KPU Sumbar: Rumah Pintar Pemilu edukasi masyarakat

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus menggelar sosialisasi tentang rumah pintar pemilu ke sekolah, kampus, dan pondok pesantren serta masyarakat.

"Kami juga mengundang pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk berkunjung ke rumah pintar pemilu," katanya. ***2***

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019