Lima kabupaten di Babel terima penghargaan kota sehat

Lima kabupaten di Babel terima penghargaan kota sehat

Dokumen - Sejumlah peserta mengikuti senam bersama di Alun-alun Kota Tangerang, Banten, Minggu (3/11/2019). ANTARA/Fauzan

Pangkalpinang (ANTARA) - Lima dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima penghargaan kota sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, karena dinilai berhasil meningkatkan peran serta dan kualitas kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Kita bersyukur pada tahun ini lima kabupaten/kota berhasil meraih penghargaan kota sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Mulyono Susanto di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Wali Kota: Tangerang penuhi tujuh tatanan kota sehat

Ia mengatakan lima kabupaten/kota menerima penghargaan kota sehat yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung. Sementara itu, Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur belum mendapatkan penghargaan tersebut.

"Dua dari lima kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan ini mendapatkan nilai tertinggi yaitu Kabupaten Bangka dan Bangka Barat sehingga dua kabupaten ini menerima kota sehat swasti saba," ujarnya.

Baca juga: Praktisi ingatkan gaya hidup sehat kota metropolitan harus diniatkan

Menurut dia dua kabupaten yang belum mendapatkan penghargaan ini, karena pemerintah setempat tidak mengajukan penilaian kota sehat.

"Penghargaan ini diberikan Kemenkes dalam dua tahun sekali dan kebetulan Pemkab Bangka Selatan dan Belitung Timur tahun ini tidak mengajukan penilaian kota sehat," katanya.

Baca juga: Palangka Raya luncurkan program ruang sehat tolak asap

Ia menambahkan empat tahun sebelumnya, Kabupaten Bangka Selatan menerima penghargaan kota sehat dan ini cukup disayangkan kabupaten ini tidak lagi mengajukan penilaian kota sehat.

"Ini cukup disayangkan, karena kota sehat ini menunjukan pradigma sehat masyarakat. Jika kabupaten/kota mendapatkan penghargaan ini tentu daerah itu sudah menuju kearah sehat, baik disisi pendekatan kesehatan maupun nonkesehatan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah beri apresisasi daerah sehat

Komentar