Gerakan Pramuka di Waropen-Papua mendapat pembinaan prajurit TNI

Gerakan Pramuka di Waropen-Papua mendapat pembinaan prajurit TNI

Anggota Pramuka dari Gugus Depan SMAN Waropen, SMAN Urfas dan SMA YPK FX Mote berpose bersama sebelum mengikuti pembinaan yang digelar oleh Kodim 1709/Yawa. (FOTO ANTARA /HO-Kodim 1709/Yawa)

Kegiatan Pramuka sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian, kedisiplinan, rasa cinta Tanah Air dan rasa tanggung jawab kepada generasi muda
Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI dari Kodim 1709/Yapen Waropen (Yawa) melakukan pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika dalam rangkaian program pembinaan teritorial (binter) terpadu  2019 di Kabupaten Waropen, Provinsi Papua.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang peserta Pramuka yang berasal dari Gugus Depan (Gudep) SMAN Waropen, SMAN Urfas dan SMA YPK FX Mote dan telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir.

Danramil 1709-03/Warbah Mayor (Inf) AH Widagdo ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu malam mengatakan kegiatan Pramuka sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian, kedisiplinan, rasa cinta Tanah Air dan rasa tanggung jawab kepada generasi muda.

"Karena dengan adanya kegiatan Pramuka bertujuan untuk membina para generasi muda dalam mencapai potensi-potensi yang ada dalam diri mereka yang meliputi potensi kehidupan sosial dan memiliki pengetahuan yang tinggi," katanya.

Melalui para pembina yaitu Serka Rizal dan Serda Amirudin, kata dia, para anggota Pramuka itu mendapatkan pengetahuan tentang materi kepramukaan dan pengetahuan tentang alat kompas.

"Setelah mendapatkan materi, para peserta pun melakukan praktik di halaman sekolah untuk diajarkan secara langsung bagaimana cara menggunakan kompas dengan baik dan benar," katanya.

Selain itu, kata dia, para peserta pun mendapatkan pembinaan berupa permainan ketangkasan yang sangat berguna untuk mengasah kemampuan para peserta baik dalam bentuk kelompok maupun perorangan.

"Mereka pun sangat antusias serta bersemangat dalam melakukan segala pembinaan yang diberikan oleh para pembina dari Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa ini," kata AH Widagdo.

Kegiatan pembinaan Pramuka itu  juga dihadiri oleh perwira seksi teritorial  Lettu (Inf) Masngudi, Kepala Sekolah SMAN Waropen Hendrina Aplena Rogi S.Pd, Ketua Kwarcab 2617 Waropen Karel Maniagasi, Serma M Rizal Kemhay dan Serda Amirudin Abd Majid Way.

Baca juga: Siswa pramuka dan TNI bersihkan puing sampah usai unjuk rasa

Baca juga: TNI dan Pramuka lakukan aksi bersih pantai peringati Tahun Baru Islam

Baca juga: Taman Hutan Kota Suka Makmue-Aceh dibersihkan bersama TNI-Pramuka

Baca juga: Pramuka-Kopassus TNI AD bersihkan Sungai Ciliwung

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jelang Pilkada, Papua antisipasi 3 daerah rawan konflik

Komentar