Di satu sisi, kita harus membuat nelayan kita nyaman melakukan usahanya, tapi di sisi lain kita juga harus menjadi 'hantu' dan momok bagi para pencuri ikan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpinnya untuk membangun komunikasi dengan pihak terkait guna menjaga lautan Nusantara.

"Tugas pengawasan ini bukanlah tugas mudah karena harus menyatukan tujuan. Kita perlu membangun komunikasi di setiap sektor karena kita tidak akan bisa menjaga laut sendirian," kata Edhy Prabowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Edhy Prabowo memaparkan peran pengawasan yang dijalankan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP di setiap daerah menjadi sangat penting karena PSDKP merupakan garda terdepan dalam mengawal dan menjaga sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan mengakui PSDKP tak sendiri dalam menjalankan peran pengawasan. PSDKP perlu bantuan berbagai pihak lainnya seperti TNI Angkatan Laut, Polisi Perairan (Polair), Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Kejaksaan.

Meskipun melakukan fungsi pengawasan, lanjut Edhy Prabowo, PSDKP juga memiliki peran sangat penting untuk menciptakan iklim usaha kelautan dan perikanan yang kondusif. Untuk itu, ia berpesan agar petugas di lapangan melakukan penertiban dengan cara-cara yang baik kepada nelayan.

Jika terdapat pelanggaran, ujar dia, maka nelayan diberi pembinaan melalui pendekatan yang baik. Sebaliknya, jika pelanggaran dilakukan oleh para pencuri ikan asing, ia meminta petugas melakukan tindakan tegas.

"Di satu sisi, kita harus membuat nelayan kita nyaman melakukan usahanya, tapi di sisi lain kita juga harus menjadi 'hantu' dan momok bagi para pencuri ikan," kata Edhy Prabowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengungkapkan komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci untuk menumbuhkan kesadaran hukum bagi nelayan Indonesia, antara lain karena nelayan dapat dirangkul untuk taat dan patuh terhadap peraturan yang ada dan bersama-sama menjaga lautan Indonesia.

Ia tiap jengkal perairan Indonesia harus dijaga demi mewariskan perairan yang subur dan kaya sumber daya ikan serta laut indah bagi generasi mendatang.

Guna menunjang kinerja Pangkalan PSDKP, Edhy Prabowo bertekad memperkuat PSDKP, mulai dari penguatan aspek kelembagaan, penyediaan fasilitas penunjang seperti kapal pengawas, koneksi jaringan komunikasi dan sistem informasi, perlengkapan logistik yang memadai, termasuk penyediaan pangan yang cukup bagi seluruh personel.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019