Saya menantikan untuk membagikan pengalaman tentang sepak bola Jerman kepada para penggemar di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus menyapa penggemar Liga Jerman di Indonesia dalam acara Bundesliga Experience untuk berbagi cerita mengenai dunia pesepakbolaan di negeri Panzer tersebut kepada masyarakat di Tanah Air.

Lothar Matthaus merupakan mantan kapten tim nasional Jerman dan ikut berpartisipasi dalam lima piala dunia yakni pada tahun 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998.

Ia juga sukses bersama Bayern Munchen dengan menyumbang tujuh trofi. Sebagai pemain ia menjadi Pemain terbaik Jerman pada 1990 dan 1999 serta menjadi pemain pertama yang menerima penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA yang baru pertama kali diberikan pada 1990.

Kepada media, Matthaus mengatakan bahwa Bundesliga merupakan salah satu liga terbaik di dunia. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pemain yang berasal dari luar Jerman masuk ke berbagai akademi klub.

Baca juga: Ringkasan Liga Jerman 2018/2019

Baca juga: Daftar juara Liga Jerman


"Bagi saya Bundesliga adalah liga terbaik di dunia dan saya menantikan untuk membagikan pengalaman tentang sepak bola Jerman kepada para penggemar di Indonesia," ujar Matthaus di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis.

Bundesliga juga telah menyedot perhatian pemain-pemain asal Asia maupun Afrika sebagai batu loncatan menuju sepak bola Eropa khususnya ke Inggris, Italia, hingga Spanyol.

Sebut saja pemain Liverpool Naby Keita yang sebelumnya menapaki karir melesat di klub RB Leipzig. Shinji Kagawa yang bersinar di Borussia Dortmund dan hijrah ke Manchester United sebelum akhirnya kembali ke Liga Jerman.

Baca juga: Kagawa bersinar saat Dortmund rebut kembali puncak klasemen

Lalu ada nama Son Heung Min yang memulai karir di Eropa bersama Hamburger SV kemudian melesat di Bayern Leverkusen dan kini menjadi pemain kunci Tottenham Hotspurs.

"Sekarang sudah banyak masuk ke akademi di usia belia, sekarang semua orang di seluruh dunia datang ke Jerman dan mengejar untuk menjadi yang terbaik, menjadi bintang di Eropa ini sangat bagus," kata dia.

Tak hanya itu, kata dia, musim ini terbilang sangat kompetitif. Jika sebelumnya Bayern Munchen dan Borussia Dortmund menjadi tim yang tak tersaingi, namun kini posisi puncak klasemen justru dihuni Borussia Monchengladbach.

Baca juga: Gladbach rebut kembali puncak klasemen setelah tundukkan Bremen

"Bayern (Munchen) kini berada di bawah Monchengladbach ini menandakan bahwa persaingan di Bundesliga kompetitif," kata dia.

Rencananya, Matthaus akan berada di Indonesia hingga 16 November. Ia akan memeriahkan acara Festival Fan Bundesliga di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Sabtu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019