Laporan dari Kuala Lumpur

Menhan Prabowo ke Malaysia

Menhan Prabowo ke Malaysia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kiri) berjalan bersama Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad bin Sabu (kelima kiri) saat melakukan kunjungan ke Kementerian Pertahanan Malaysia, di Kuala Lumpur, Kamis (14/11/2019). ANTARA FOTO/Agus Setiawan/ama/pri.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI H Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Kementrian Pertahanan Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis, yang merupakan kunjungan pertama kali Prabowo ke luar negeri semenjak dilantik pada 23 Oktober 2019.

Kedatangan Prabowo beserta rombongan ke Wisma Pertahanan disambut oleh Menteri Pertahanan Malaysia H Mohamad bin Sabu, Wakil Menteri Pertahanan Malaysia Liew Chin Tong, pejabat Kementrian Pertahanan serta panglima angkatan darat, laut dan udara Malaysia.

Prabowo bersama 22 orang rombongan diantaranya terdiri atas Dirjen Strategi Pertahanan MG Rizerius Eko, Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama Internasional Soemadi Brotodiningrat, anggota DPR RI Sugiono dan Atase Laut KBRI Kuala Lumpur Kolonel Renny Lilik Asmoro.

Begitu tiba di halaman Wisma Pertahanan Prabowo menerima hormat dan memeriksa Kawalan Kehormatan Utama (KWU) dari Batalion Pertama Rejimen Tentara Melayu Diraja yang beranggotakan 103 orang.

Setelah itu kedua menteri melakukan pertemuan bilateral, makan bersama, foto bersama kemudian melakukan jumpa pers bersama media setempat dan internasional.

Dalam pernyataannya kedua belah pihak memberikan komitmen untuk terus memperjuangkan kerjasama pertahanan bagi kepentingan bersama dalam mencapai keharmonisan, kestabilan dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara.

Mereka juga bertukar pandangan mengenai isu yang mempunyai kepentingan strategis dan operasional bagi kedua negara, membicarakan keamanan global yang dinamis dan ancaman keamanan non tradisional khususnya ancaman terorisme pada dua negara.

"Kerjasama pertahanan antara Malaysia dan Indonesia terutama antara Angkatan Tentara Malaysia dan Tentara Nasional Indonesia telah terjalin semenjak 1972. Hubungan ini turut dikukuhkan dengan beberapa inisiatif keamanan bilateral seperti Malacca Straits Patrol dan Trilateral Cooperative Arrangement yang melibatkan Filipina," ujar Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad bin Sabu.

Sementara Prabowo Subianto mengatakan bahwa ini merupakan lawatan pertama kali ke luar negeri bagi dirinya selaku Menteri Pertahanan Indonesia dan negara pertama yang dia kunjungi adalah Malaysia.

"Saya mendapat perintah langsung dari Presiden Joko Widodo agar hubungan dengan Malaysia dijaga dan dipererat. Saya pun merasa kali ini seperti pulang kampung karena saya dulu ketika saya masih kecil saya besar di Kuala Lumpur, saya pernah sekolah di Kuala Lumpur sehingga saya merasa di tengah di keluarga," katanya.

Prabowo menyampaikan terima kasih terhadap penghormatan yang diberikan kepada dirinya yang kemudian disambut oleh Mohamad Sabu dengan ucapan terima kasih.

"Banyak persamaan pandangan antara kami karena itu saya merasa optimis ke depan hubungan pertahanan Indonesia dan Malaysia semakin baik. Kami ingin mencari bentuk kerjasama yang lebih baik lagi seperti pertukaran perwira, pertukaran mahasiswa Indonesia dan Malaysia dan kerjasama industri pertahanan," katanya.

Baca juga: Menhan Prabowo Subianto terima kunjungan kehormatan Dubes Malaysia
Baca juga: Anwar Ibrahim temui Prabowo Subianto


 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Prabowo & Retno sepakati pertukaran informasi intelijen dengan Australia

Komentar