Presiden Jokowi: Jalan tol ciptakan pertumbuhan ekonomi baru

Presiden Jokowi: Jalan tol ciptakan pertumbuhan ekonomi baru

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (ketiga kanan), Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (keempat kiri), Direktur Hutama Karya Bintang Perbowo (kedua kanan) menekan sirine peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019). ANTARA FOTO/Ardiansyah/nz/aa.

Saya mendapatkan informasi bahwa dari Lampung ke Palembang sebelumnya mencapai waktu 8-10 jam, dan dengan adanya jalan tol ini menjadi 3 jam.
Mesuji (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pembangunan jalan tol menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, serta jaringan logistik yang lebih baik.

"Selain itu, memberikan fasilitas kepada sentra produksi yang ada seperti sawit, karet, ikan, dan lainnya. Kemudian menciptakan lapangan kerja dalam pengerjaan jalan tol, membangun peradaban bangsa, dan paling utama adalah terkait keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Presiden pada peresmian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas JTTS ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,2 km, di Mesuji, Jumat.

Jokowi dalam kesempatan itu mengatakan pembangunan jalan tol bukan hanya untuk Pulau Jawa saja, tetapi juga Sumatera dari Lampung sampai ke Aceh sepanjang 2.974 Km yang ditargetkan selesai pada 2024.
Baca juga: PUPR berharap Tol Trans Sumatera tersambung semua pada 2024

Selain itu, Kepala Negara dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa JTTS ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang adalah jalan tol terpanjang yang pernah diresmikannya.

"Saya mendapatkan informasi bahwa dari Lampung ke Palembang sebelumnya mencapai waktu 8-10 jam, dan dengan adanya jalan tol ini menjadi 3 jam. Inilah yang dinamakan kecepatan dan efisiensi waktu. Dan dengan tersambungnya Terbanggi Besar-Kayu Agung, kita harapkan dapat tersambung lagi dari Kayu Agung-Palembang dan Palembang-Betung," jelas Presiden Jokowi.
Baca juga: Presiden sebut Lampung-Palembang segera tersambung dengan jalan tol

Peresmian jalan tol ini merupakan yang kedua dilakukan Presiden. Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung itu sendiri terbagi menjadi dua seksi yaitu seksi pertama ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dengan panjang 112 km dan seksi kedua ruas Pematang Panggang-Kayu Agung mencapai 77 km.

Dengan adanya peresmian ini, maka Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung ruas Bakauheni-Pematang Panggang sepanjang 252 Km telah selesai sepenuhnya.

Baca juga: Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung digratiskan 1 bulan
Baca juga: Gubernur sebut JTTS tingkatkan kelancaran transportasi Sumatera-Jawa
Baca juga: Wagub Lampung: Tol Trans Sumatera diharapkan mensejahterakan rakyat

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Jokowi angkat masalah Afghanistan dalam KTT ASEM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar