Yogyakarta (ANTARA) - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menggandeng Grab Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada mitranya untuk memperoleh akses kredit pemilikan rumah (KPR).

"Kerja sama itu merupakan salah satu dukungan SMF terhadap program pemerintah dalam mewujudkan Program Perumahan Berbasis Komunitas, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan tidak tetap," ujar Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dalam media gathering di Yogyakarta, Jumat.

Sebagai langkah awal, ia mengemukakan, SMF memberikan akses KPR melalui Program KPR SMF-Grab bagi para mitra GrabCar.

"Program itu diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mitra Grab Indonesia untuk memperoleh hunian yang layak dan terjangkau, sekaligus membuka potensi baru bagi penyalur KPR," ujarnya.

Ia mengemukakan program KPR itu disalurkan melalui perusahaan pembiayaan yang bekerja sama dengan SMF. Program itu juga menawarkan produk KPR dengan suku bunga tetap sepanjang tenor.

"Sehingga nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan, dan tidak terpengaruh oleh gejolak kenaikan suku bunga, sehingga dapat memberikan kepastian dalam mengangsur bagi para debiturnya," paparnya.

Ia menambahkan bahwa kerja sama antara SMF, Grab dan perusahaan pembiayaan itu adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan SMF kepada masyarakat untuk memperoleh hak yang sama dalam mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau.

Tercatat hingga Oktober 2019 sebanyak 52 pengemudi dinyatakan memenuhi kriteria KPR dari 400 orang yang mendaftar dalam kegiatan Expo KPR SMF-Grab.

Ananta juga mengatakan pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) terkait pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau untuk karyawan PNM yang saat ini berjumlah sekira 37.000 orang.

"Itu merupakan wujud nyata dalam menciptakan sinergi antar BUMN yang bertujuan untuk pengembangan bidang usaha kedua BUMN," katanya.

Melalui kerja sama dengan PNM, Ananta berharap ke depannya dapat menggali potensi baru untuk pembiayaan KPR bagi masyarakat umum, khususnya penggiat UMKM binaan PNM.

"Binaan PNM itu seperti Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar)," ucapnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019