Kemarin, Jan Ethes nama varietas anggur sampai utang luar negeri naik

Kemarin, Jan Ethes nama varietas anggur sampai utang luar negeri naik

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) menunjukkan anggur baru hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian yang diberi nama “Jan Ethes SP1”, di Desa Cukurgondang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pada bulan Oktober ini, ekspor kita 14,93 miliar dolar AS
Jakarta (ANTARA) - Cucu Presiden Joko Widodo yakni Jan Ethes jadi nama varietas anggur hingga utang luar negeri Indonesia naik di kuartal III 2019, berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak simak:

1. Cucu Presiden Jan Ethes dijadikan nama varietas anggur baru

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberi nama varietas anggur baru hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”.

Syahrul memberikan nama yang mirip dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo tersebut dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional.

Simak berita lengkapnya di sini

2. Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung pecahkan rekor MURI

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung atau Terpeka memecahkan rekor Pembangunan Tol Terpanjang dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan ruas Tol Terpeka akan membawa dampak positif terutama terhadap mobilitas masyarakat di Sumatera dan mempercepat distribusi barang plus biaya terjangkau.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Oktober 2019, neraca perdagangan surplus 161,3 juta dolar AS

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir neraca perdagangan RI pada Oktober 2019 mengalami surplus sebesar 161,3 juta dolar AS dengan nilai ekspor 14,93 miliar dolar AS dan impor 14,77 miliar dolar AS.

"Pada bulan Oktober ini, ekspor kita 14,93 miliar dolar AS, impor kita 14,77 miliar dolar, sehingga kita mengalami surplus 161,3 juta dolar," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Kantor BPS, Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

4. MRT luncurkan kartu perjalanan ganda 25 November

PT MRT Jakarta akan meluncurkan kartu perjalanan ganda atau “multi trip ticket” (MTT) bernama Jelajah pada 25 November 2019.

“Alhamdulillah sudah diberikan izin dari Bank Indonesia kemarin, akan perkenalkan Senin atau Selasa, tanggal 25 November diluncurkan,” kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam diskusi bertajuk “Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta” di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Utang luar negeri RI naik 10,2 persen pada kuartal III 2019

Utang luar negeri (ULN) Indonesia naik 10,2 persen (year on year/yoy) menjadi 395,6 miliar dolar AS pada kuartal ketiga tahun ini atau setara Rp5.607 triliun dengan asumsi kurs Rp14.174 per dolar AS.

Menurut Statistik Utang Luar Negeri yang diumumkan Bank Indonesia, Jumat di Jakarta, ULN sebanyak 395,6 miliar dolar AS itu terdiri atas utang pemerintah dan bank sentral sebesar 197,1 miliar dolar AS dan utang swasta 198,5 miliar dolar AS.

Simak berita lengkapnya di sini

Baca juga: Utang luar negeri RI naik 10,2 persen pada kuartal III 2019
Baca juga: Cucu Presiden Jan Ethes dijadikan nama varietas anggur baru

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemarin HS Dillon meninggal di Bali akibat sakit jantung

Komentar