Atletik

"Friendship Run" awali Borobudur Marathon 2019

"Friendship Run" awali Borobudur Marathon 2019

Peserta Frienship Run melakukan start di kawasan Candi Pawon. (ANTARA/Heru Suyitno)

Magelang (ANTARA) - Kegiatan lari bersama "Friendship Run" di kawasan Candi Pawon Kabupaten Magelang, Sabtu mengawali rangkaian Borobudur Marathon 2019 yang akan digelar pada Minggu (17/11), di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Event yang berlangsung meriah untuk mengakrabkan diri dengan masyarakat ini diikuti sekitar 600 pelari dan dibuka dengan penampilan tarian seniman Lima Gunung.

Start Friendship Run berlangsung sekitar pukul 06.30 WIB dengan menempuh jarak 3,5 kilometer, para pelari disuguhi pemandangan indah dan keramahan warga sekitar Candi Borobudur.

Baca juga: Peserta Borobudur Marathon disarankan banyak minum karena cuaca panas

Panitia Borobudur Marathon 2019, Budiman Tanuredjo mengatakan sesuai tema yang diusung yakni "Synergy with Harmony" diharapkan menjadi jembatan keharmonisan antara pemerintah, panitia dan masyarakat.

"Kita ingin bersinergi dengan masyarakat. Menciptakan keharmonisan," katanya.

Peserta Friendship Run disuguhi aneka jajanan kuliner di pasar harmoni. Keberadaan pasar harmoni itu guna menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat sekitar Candi Pawon maupun Candi Borobudur.

Selain itu, rangkaian event Borobudur Marathon juga menjadi sinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. Di samping itu gelaran ini juga sebagai upaya mengenalkan budaya kearifan lokal ke wisatawan mancanegera.

Baca juga: Tips Sigi Wimala bagi peserta lari Borobudur Marathon 2019

"Kita menggabungkan itu semua agar Jawa Tengah semakin dikenal di dunia," katanya.

Antusiasme peserta Borobudur Marathon sudah terlihat sejak dibukanya sesi pengambilan racepack pada Jumat (15/11) di Armada Town Square Mall Magelang, Jawa Tengah.

Puncak rangkaian agenda Borobudur Marathon 2019 bakal berlangsung Minggu (17/11) di Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Terdapat tiga kategori yang dilombakan yakni 10 km, Half Marathon, dan Marathon. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar