Sidoarjo, Jawa Timur (ANTARA) - Mitra Kukar dan Persewar Waropen gagal lolos ke empat besar Liga 2 musim kompetisi 2019 usai bermain seri 2-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu sore.

Kedua tim hanya mengoleksi dua poin dari tiga kali bertanding, hasil dua kali seri dan sekali kalah.

Di Grup A, dua tim yang memastikan lolos dan memiliki kesempatan naik ke Liga 1 yaitu Persiraja Banda Aceh dan Sriwijaya FC yang juga bermain seri 0-0.

Persiraja dan Sriwijaya FC juga sama-sama mengantongi lima poin hasil sekali menang dan dua kali seri.

Di laga Mitra Kukar melawan Persewar, gol Persewar dicetak Samuel Gideon Balinsa menit ke-28 dan Toumahuw Yacob Ronald menit ke-37, sedangkan gol Mitra Kukar dilesakkan Muhammad Rafly menit ke-3 dan Atep menit ke-50.

Sejak wasit Sance Lawita asal Sulawesi Utara meniup peluit dimulainya pertandingan, kedua tim yang sama-sama membutuhkan kemenangan telak tampil saling menyerang.

Peluang pertama Mitra Kukar mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Rafly yang melalui sundulan kepalanya mampu mengoyak jala gawang Persewar yang dikawal Singgih Dwi Gusela di menit ke-3.

Usai kebobolan, Persewar justru lebih berani tampil menekan dan menciptakan peluang beberapa kali, namun hingga 20 menit awal tak mampu dikonversikan menjadi gol.

Mitra Kukar yang lini belakangnya diserang hanya mengandalkan serangan balik dengan menempatkan Muhammad Rafly dan Hendra Adi Bayauw di daerah pertahanan lawan.

Serangan bertubi-tubi Persewar akhirnya membuahkan hasil pada menit 28 setelah gelandang Samuel Balinsa sukses memperdaya kiper Mitra Kukar Gerri Mandagi melalui tendangan dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-37, Persewar berbalik unggul setelah Toumahuw Yacob Ronald mencetak gol melalui sontekan kaki kanannya dari dalam kotak penalti.

Gol bermula akibat kesalahan pemain belakang Mitra Kukar yang gagal menghalau bola di pertahanannya sendiri sehingga mampu dicuri dan dimanfaatkan dengan baik oleh barisan depan Persewar.

Baca juga: Mitra Kukar tertinggal 1-2 atas Persewar di babak pertama

Tertinggal, Mitra Kukar kembali tampil menggebu-gebu, tapi hingga 45 menit babak pertama usai, tak ada gol tambahan dan skor sementara 1-2 untuk Persewar.

Menambah daya gedor, pelatih Mitra Kukar Rafael Berges Marin memasukkan gelandang bertipikal menyerang Arif Suyono dan menarik keluar Hendra Adi Bayauw.

Menit ke-50, pemain senior Mitra Kukar, Atep, yang berniat melakukan umpan silang ke mulut gawang lawan justru masuk ke gawangnya sendiri setelah membentur salah seorang bek Persewar.

Skor imbang membuat permainan kedua tim semakin menarik dan saling “jual beli” serangan, tapi selalu kandas di barisan pertahanan dan kurang tenangnya penyelesaian akhir.

Baca juga: Membosankan, Persiraja vs Sriwijaya FC tanpa gol di babak pertama

Menit ke-65, kembali Rafael Berges melakukan rotasi dengan memainkan Syahroni menggantikan Muhammad Bahtiar dengan harapan menambah serangan melalui tenaga baru.

Rotasi juga dilakukan di lini depan Mitra Kukar dengan memainkan striker Rishadi Fauzi menggantikan pencetak gol pertama, Muhammad Rafly.

Di kubu Persewar, pelatih Elie Aiboy memasukkan Kevin Joshua Scheunemann dan menarik striker Ofri Halitopo.

Di sepuluh menit terakhir, kedua tim tetap ngotot mencari gol, tapi gagal diselesaikan dengan baik oleh lini depan masing-masing tim hingga waktu normal berakhir.

Baca juga: Empat tim Grup A masih berpeluang lolos empat besar

Daftar susunan pemain:

Mitra Kukar:

Gerri Mandagi (kiper), Achmad Faris, Firli Apriansyah, Gilang Ginarsa, Ahmad Bustomi (kapten), Andre Agustiar, Atep, Muhammad Bahtiar, Muhammad Rafly, Hendra Adi Bayuw, Rendy Siregar

Pelatih: Rafael Berges Marin

 

Persewar Waropen:

Singgih Dwi Gusela (kiper), Asrawan, Viktor Pae (kapten), Izaac Wanggai, Elfis Nur Harewan, Eljo Ernesto Iba, Krismon Gustap Wombaibobo, Rudy Kurni, Samuel Balinsa, Daud Irfan Kararbo, Toumahuw Yacob Ronald

Pelatih: Elie Aiboy

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019