BMKG ingatkan wilayah selatan Jatim berpotensi angin kencang

BMKG ingatkan wilayah selatan Jatim berpotensi angin kencang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melihat salah satu alat prakiraan cuaca di BMKG Juanda Surabaya. ANTARA/Indra

...masyarakat supaya tidak berada di bawah pohon besar saat terjadi hujan, karena kalau terjadi hujan deras maka pohon tersebut berpotensi roboh dan bisa mengenai seseorang yang sedang berteduh di bawah pohon.
Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo Jawa Timur memperingatkan sebagian wilayah Selatan di provinsi setempat berpotensi terjadi hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, di Sidoarjo, Sabtu menjelaskan saat ini Provinsi Jawa Timur sudah memasuki era transisi dari musim kemarau ke musim hujan

"Dari pantauan citra satelit menunjukkan jika potensi hujan pada hari ini terpantau di wilayah Selatan Jawa Timur," katanya.
Baca juga: BMKG ingatkan Jatim alami hujan deras disertai angin kencang
Baca juga: BMKG peringatkan sebagian wilayah Jatim berpotensi hujan deras

Ia mengatakan, posisi selatan Jawa Timur itu di antaranya adalah Kabupaten Jember, Lumajang, Malang Selatan, Blitar dan juga Tulungagung.

"Oleh karena itu kami tetap dan terus menghimbau kepada masyarakat, terutama yang ada di wilayah selatan Jawa Timur supaya lebih waspada ketika terjadi hujan deras," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga meminta kepada masyarakat supaya tidak berada di bawah pohon besar saat terjadi hujan, karena kalau terjadi hujan deras maka pohon tersebut berpotensi roboh dan bisa mengenai seseorang yang sedang berteduh di bawah pohon.
Baca juga: BMKG ingatkan potensi angin kencang saat peralihan musim di Jatim
Baca juga: Tercatat 515 rumah di Kota Batu rusak akibat angin kencang

"Intinya masyarakat harus lebih berhati-hati jika sedang terjadi hujan deras pada saat peralihan musim dari kemarau ke musim hujan saat ini," ujarnya.

Ia mengatakan, potensi bencana lainnya yang kemungkinan bisa terjadi saat peralihan musim adalah terjadinya angin puting beliung, yang sifatnya cepat dan sporadis.

"Baru kemudian saat masuk musim hujan, potensi yang bisa terjadi adalah bencana tanah longsor terutama di wilayah pegunungan," katanya.
Baca juga: Pemprov Jatim jamin keamanan daerah terdampak bencana angin kencang
Baca juga: Round-up - Banjir, tanah longsor dan angin kencang landa Jatim

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Angin puting beliung terjang dua dusun di Lombok Timur

Komentar