Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua mengalokasikan Rp60 miliar untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati pada 2020 mendatang.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu, mengatakan anggaran itu akan digunakan mulai dari tahapan awal sampai pungut-hitung dan penetapan kepala daerah.

"Total yang dihibahkan pemerintah daerah itu Rp60 miliar," katanya.

Baca juga: 11 Kabupaten di Papua laksanakan pilkada serentak 2020

Anggaran pemilu ini dicairkan dalam dua tahap, yaitu tahun 2019 dan tahun 2020 mendatang.

"Dua miliar diberikan pada tahun 2019 dan Rp58 miliar tahun depan," katanya.

Dua miliar yang telah dicairkan sementara digunakan untuk membiayai beberapa tahapan pilkada yang berjalan, misalnya kegiatan sosialisasi bagi calon perseorangan serta rapat koordinasi dan sebagainya.

"Kami sampaikan terima kasih kepada bupati, wakil, sekda, tim anggaran Yalimo yang sudah mendukung pelaksanaan pilkada, karena ini merupakan hajatan Nasional," katanya.

Baca juga: Golkar Papua mulai buka pendaftaran Pilkada 2020

Yehemia optimistis pemilu 2020 akan berlangsung sukses sebab pemilu terberat tahun 2018 lalu bisa dilalui dengan aman hingga selesai, berkat dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat.

"Kita lupakan pemilu kemarin dan kita memulai dengan tahapan yang baru. Kami meyakini kemarin lima tahapan pemilu kami sudah laksanakan dan sukses, apalagi ini satu pilkada," katanya.

Baca juga: PDIP Papua targetkan lima kabupaten menang Pilkada serentak 2020

Baca juga: PSI Papua buka pendaftaran dan penjaringan calon untuk Pilkada 2020

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019