Kami ingin menyampaikan bahwa Pariaman layak sebagai kota investasi,
Pariaman (ANTARA) - Persiapan pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Nasional yang akan dilaksanakan pada 9 sampai 13 Desember 2019 di Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah mencapai 50 persen, kata Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Kosmas Harefa.

"Kami hari ini datang langsung ke Pariaman untuk melihat kesiapan daerah ini dalam mempersiapkan peringatan Hari Nusantara Nasional 2019, dan persiapannya sudah lebih 50 persen," kata dia di Pariaman usai melaksanakan rapat peringatan tersebut bersama pemangku kepentingan terkait di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut karena lokasi yang akan digunakan yaitu Pantai Gandoriah sudah siap mendukung pelaksanaannya. Selain itu pihaknya juga melihat antusiasme pihak terkait untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Namun, lanjutnya ada sejumlah sarana dan prasarana pendukung yang harus dipenuhi oleh Pemko Pariaman dan pihak lainnya guna menyukseskan kegiatan itu di antaranya toilet, kebersihan lokasi, dan dukungan media untuk meningkatkan keikutsertaan lapisan masyarakat.

"Tujuannya agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019


Ia menjelaskan dipilihnya Kota Pariaman sebagai lokasi pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Nasional 2019 karena pemerintah kota itu berjuang mengajukan diri agar menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan bertaraf nasional itu.

Apalagi, Pariaman memiliki keunggulan geografis dan sejarah serta potensi laut, wilayah pantai, dan lokasi pariwisata.

"Jadi sangat tepat Pariaman mengambil peran untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan banyak rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut.

Baca juga: Pariaman bangun jalur penelusuran wisata mangrove


Ia menyebutkan, kegiatan tersebut di antaranya, atraksi terjun payung, pemeriksaan kesehatan, sunatan massal, lomba memancing, parade pakaian nusantara, dan Nusantara Ekspo.

Ia menyampaikan peringatan tersebut akan dimanfaatkan pihaknya untuk menyampaikan  pengembangan pariwisata yang dilaksanakan di daerah itu.

"Melalui peringatan Hari Nusantara Nasional kami akan mengenalkan Kota Pariaman kepada masyarakat dalam dan luar negeri," ujar dia.

Tujuannya, lanjutnya yaitu untuk meningkatkan pendapatan warga setempat serta peningkatan investasi di Kota Pariaman.

"Kami ingin menyampaikan bahwa Pariaman layak sebagai kota investasi," tambahnya.


Baca juga: Tujuh negara siap ramaikan Pariaman Triathlon 2017
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019