BRI Wilayah Aceh salurkan kredit UMKM Rp7,6 triliun

BRI Wilayah Aceh salurkan kredit UMKM Rp7,6 triliun

Pimpinan Wilayah BRI Provinsi Aceh, Handaru Sakti. ANTARA/M ifdhal

BRI memberikan porsi besar untuk pembiayaan kepada sektor UMKM dengan capaian pembiayaan hingga Oktober 2019 sebesar 70 persen dari total pembiayaan yang telah disalurkan
Banda Aceh (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Aceh menyatakan penyaluran kredit untuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Aceh sebesar Rp7,6 triliun dari total pembiayaan yang disalurkan hingga Oktober 2019 mencapai Rp12,1 triliun.

"BRI memberikan porsi besar untuk pembiayaan kepada sektor UMKM dengan capaian pembiayaan hingga Oktober 2019 sebesar 70 persen dari total pembiayaan yang telah disalurkan," kata Pimpinan Wilayah BRI Provinsi Aceh, Handaru Sakti di Banda Aceh, Senin.

Di sela-sela pelatihan pelaku UMKM dalam rangka memperingati Milad ke-124 BRI, ia menjelaskan pembiayaan tersebut disalurkan kepada 45 ribu nasabah yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Ia menjelaskan sebagai perbankan yang memiliki nasabah sekitar 3,2 juta di provinsi ujung paling barat Indonesia, BRI memberikan perhatian besar kepada sektor UMKM melalui dukungan pembiayaan dan peningkatan sumber daya manusia.

"Artinya, BRI juga mengambil peran untuk pembinaan melalui pelatihan pelaku UMKM baik dalam akses perbankan dan juga wirausaha sehingga usaha yang dijalankan lebih produktif dan berkembang," katanya.

BRI berkomitmen untuk memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM sehingga mereka dapat berkembang dan tumbuh secara positif dalam berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara untuk pembiayaan Rp4,5 triliun dari total Rp12,1 triliun yang telah disalurkan sepanjang 2019, disalurkan untuk sektor Briguna dengan total debitur sebanyak 188 ribu orang.

Dalam kegiatan yang dibuka Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin turut dihadiri Kepala Bagian Umum dan Logistik, Makhfudhi Badrul Kamal, Pemimpin Cabang, Andi Karyatuddin, Kepala Bagian Bisnis Kecil, Kemitraaan dan Inkubasi, Irwan dan sejumlah pejabat Kota Banda Aceh.

Baca juga: BRI targetkan konversi ke syariah tuntas 2020 di Aceh

Baca juga: BRI optimistis penyalurkan KUR di Aceh capai target


 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov Babel luncurkan kartu BBM

Komentar