Liga 2 Indonesia

Benamkan PSMS 2-1, Persita melaju ke semifinal

Benamkan PSMS 2-1, Persita melaju ke semifinal

Pertandingan putaran delapan besar Liga 2 antara Persita vs PSMS di Stadion Jakabaring Palembang, Senin (18/11). Skor akhir PSMS 1 - 2 Persita. (ANTARA/Fenny Sely/19)

Saya tadi minta ke pemain agar lebih tenang dan menjaga skema permainan supaya disiplin serta fokus mencetak gol
Palembang (ANTARA) - Persita Tanggerang berhasil memastikan satu tiket ke semifinal Liga 2/2019 usai membenamkan PSMS Medan dengan skor 2-1 sekaligus menjegal langkah tim berjuluk "Ayam Kinantan" tersebut melenggang ke Liga 1 Indonesia.

Pada pertandingan yang berkangsung di Stadion Jakabaring Palembang, Senin, dua gol kemenangan Persita masing-masing disumbangkan Aldi Cahya dan Redi Rusmawan. Sedangkan gol PSMS dicetak oleh Natael Ringgo,

Bermain dengan status memimpin Grup B membuat PSMS langsung bermain menyerang, anak asuh Jafri Sastra tersebut tampak tak ingin lengah sedikitpun.

Hasilnya pada menit ke-7 PSMS berhasil mencetak gol lewat pemain nomor punggung 10, Natael Ringgo, tendangan kerasnya tepat di dalam kotak penalti menusuk gawang Persita, 1-0 PSMS unggul.

Tertinggal 1-0 tidak membuat Persita lengah, meski berada di peringkat 3 Grup B namun klub asuhan Widodo Cahyo Putro itu mampu menyerang pertahanan PSMS dan menghasilkan beberapakali peluang dengan percobaan-percobaan dari luar kotak pinalti.

Baca juga: Persita tak gentar hadapi tuan rumah PSMS

Baca juga: Persita Tangerang gandeng tiga sponsor danai kompetisi


Serangan tersebut berbuah manis, pada menit 43 pemain nomor punggung 10, Aldi Cahya menendang keras bola dari luar depan kotak pinalti, bola tak mampu ditangkap kiper PSMS Medan, skor 1-1 hingga turun minum.

Pada babak kedua, PSMS nampak lebih banyak bertahan, terlihat wajar sebab dengan hasil imbang mereka dipastikan lolos ke semiifnal, namun Persita yang berambisi lolos juga justru coba bermain lebih terbuka dan mengganti beberapa pemain .

Hasilnya tidak sia-sia, pada menit ke 87 pemain penghanti Persita, Redi Rusmawan berhasil menyundul bola umpan sayap kiri dari Banowo, bola sundulan terlambat dihalau kiper PSMS lalu masuk ke gawang, skor 1-2 Redi memastikan kemenangan Pendekar Cisadane bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil tersebut Persita berhasil lolos ke semifinal Liga 2 dengan status juara Grup B dengan poin 6, Persita menemani Persik Kediri yang berada di peringkat kedua dengan poin 5.

Baca juga: Gurning perintahkan PSMS total hadapi Persita

Sementara PSMS Medan harus mengubur mimpinya berlaga di Liga 1 musim 2020 karena hanya mendarat di peringkat ketiga dengan poin 4 bersama Martapura FC sebagai juru kunci dengan poin 1.

Pelatih Persita, Widodo Cahyo Putro, mengatakan puas dengan penampilan spartan anak asuhnya sehingga bisa melenggang ke semifinal, meskipun pada awal pertandingan para pemain tampak canggung.

"Para pemain sudah berjuang sampai ada yang cedera, saya tadi minta ke pemain agar lebih tenang dan menjaga skema permainan supaya disiplin serta fokus mencetak gol," jelas Widodo.

Meski proses pemulihan pemain sebelum bertanding terbilang singkat, namun dengan semangat dan ambisi membuat Persita lolos ke semifinal serta akan menantang Sriwijaya FC.

Pelatih PSMS, Jafri Sastra, mengakui kekalahan timnya akibat tidak maksimal memanfaatkan peluang, sering melakukan kesalahan sendiri dan kurang konsentrasi di menit-menit akhir.

"Inilah akhir perjuangan kami hanya sanggup 8 besar, kelengahan di menit akhir memang nampak belum ada obatnya, selamat untuk Persita lolos ke semifinal," ujar Jafri Sastra.

Baca juga: Jelang delapan besar Liga 2, Gubernur Sumut motivasi pemain PSMS

Baca juga: PSMS tak permasalahkan perubahan jadwal 8 besar Liga 2 Indonesia


Susunan pemain :

PSMS Medan: Alfonsius Kelvan (Kiper), Afiful Huda, Bruno Casmir, Syaiful Ramadhan, Tedi, Eki Fauji, Elina Soka, Legimin Raharjo (c), Yuda Risky, Muhammad Renggur, Natael Siringgo. Pelatih: Jafri Sastra.

Persita Tanggerang: Annas Fitrianto (Kiper), Muhamad Roby, Amarzukih, Novranto, Zikri Akbar, Egi Melgiansyah, (C), Ade Jantra, Muhammad Toha, Sirvi Arvani, Aldi Cahya, Chandra Waskito. Pelatih: Widodo Cahyo Putro.

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar