Kembangan buat 43 sumur resapan untuk antisipasi banjir

Kembangan buat 43 sumur resapan untuk antisipasi banjir

Pembangunan sumur resapan untuk mengantisipasi banjir di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (18/11/2019). (ANTARA/HO-Dokumentasi Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Kembangan)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air telah membuat 43 sumur resapan di Kecamatan Kembangan untuk menghadapi musim hujan dan mengantisipasi banjir di Jakarta.

Kasatpel SDA Kecamatan Kembangan Mulyadi mengatakan, pembuatan sumur resapan masih berlangsung hingga memehi target 50 buah pada Desember 2019.

"Saat ini sudah ada 43 titik, rinciannya 32 telah selesai dan 11 titik sedang dalam proses penggalian," kata Mulyadi di Jakarta, Senin.

Pembuatan sumur resapan tersebut
sudah dilakukan sejak September lalununtuk antisipasi terjadinya genangan dan banjir di Kecamatan Kembangan.

"Setiap sumur resapan kedalaman maksimal tiga meter dengan diameter 120 sentimeter Petugas yang dikerahkan 3-4 orang," ujar dia.

Baca juga: Sudin SDA Jaksel kebut pembuatan 174 sumur resapan untuk cegah banjir
Baca juga: Pemkot Jakpus siapkan sumur resapan antisipasi genangan musim hujan
Wujud sumur resapan yang telah dibuat untuk mengantisipasi banjir di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (18/11/2019). (ANTARA/HO-Dokumentasi Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Kembangan)


Mulyadi menjelaskan, saat ini 43 titik sumur resapan tersebar di enam kelurahan di Kecamatan Kembangan.

Rinciannya, Kelurahan Srengseng di SMPN 207 lima titik, Puskesmas Srengseng satu titik, SDN 05 lima titik, Kelurahan Kembangan Utara SDN 01 dua titik, Puskesmas dua titik, dan Sekolah MTS Sadam tiga titik.

Kemudian, Kelurahan Meruya Selatan SDN 01 dua titik, SDN 06 dua titik, Puskesmas Meruya Selatan II dua titik, puskesmas Meruya Selatan I dua titik.

Selanjutnya, Kelurahan Joglo puskesmas joglo 1 dua titik, masjid At Taudiq enam titik, Kelurahan Meruya Utara RPTRA Nusa Indah dua titik, puskesmas Meruya Utara satu titik dan SDN 12,13 dan 15 petang dua titik.

Sedangkan Kelurahan Kembangan Selatan ada di Puskesmas satu titik dan SMPN 105 tiga titik.


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kekeringan, warga Lebak manfaatkan sumur resapan di sungai yang mengering

Komentar