Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Denmark lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 seusai memetik satu poin dari lawatan ke Republik Irlandia lewat hasil imbang 1-1 dalam laga pemungkas fase kualifikasi Grup D di Stadion Aviva, Dublin, Senin setempat (Selasa WIB).

Tambahan satu poin cukup memastikan Denmark berada di dua besar klasemen akhir Grup D. Denmark yang punya 16 poin akan mendampingi Swiss (17) sebagai dua tim peraih tiket putaran final dari Grup D.

Baca juga: Lumat Gibraltar 6-1, Swiss melaju

Sedangkan Irlandia tak sepenuhnya kehabisan asa sebab mereka masih berhak tampil di fase playoff memperebutkan satu dari empat tiket putaran final, demikian juga Georgia.

Dihadapkan pada situasi wajib menang untuk bisa lolos, Irlandia gagal memanfaatkan keuntungan tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

Babak pertama berakhir nirgol dan kedua tim tak memperlihatkan penampilan menarik. Kubu Denmark bisa saja beralasan hal itu terjadi karena Thomas Delaney dan Andreas Cornelius harus meninggalkan lapangan dalam keadaan cedera, masing-masing digantikan Pierre Emile Hojbjerg serta Kasper Dolberg.

Di tengah ambisi tuan rumah, Denmark justru sukses mencuri keunggulan pada menit ke-73 memanfaatkan keteledoran lini belakang Irlandia. Sebuah umpan silang kiriman Henrik Dalsgaard berlalu begitu saja tanpa bisa diantisipasi Shane Duffy dan Ciaran Clark, sebelum disambut tembakan voli Martin Braithwaite yang membuat kiper Darren Randolph tak berkutik.

Gol itu seperti membangunkan tim besutan Mick McCarthy yang seolah tertidur pulas. Pada menit ke-85 Matt Doherty berhasil memberi harapan kepada publik tuan rumah atas kelolosan ke putaran final kala ia menanduk bola umpan silang kiriman Enda Stevens dan menyamakan kedudukan 1-1.

Sayangnya, harapan tinggal harapan, skor tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi, mengantarkan Denmark ke putaran final dan Irlandia ke fase playoff.

Irlandia baru akan mengetahui lawannya selepas seluruh rangkaian kualifikasi berakhir dan bakal melakoni laga playoff pada pengujung Maret 2020.

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup B: Ukraina dan Portugal lolos, Serbia playoff

Baca juga: Klasemen akhir Grup A: Inggris, Ceko lolos, dua lain bisa menyusul


Susunan pemain:

Republik Irlandia (4-5-1): Darren Randolph; Matt Doherty, Shane Duffy, John Egan (Ciaran Clark), Enda Stevens; Alan Browne, Jeffrey Hendrick, Glenn Whelan (Sean Maguire), Conor Hourihane (Callum Robinson), James McClean; David McGoldrick
Pelatih: Mick McCarthy

Denmark (4-1-3-2): Kasper Schmeichel; Henrik Dalsgaard, Mathias Jorgensen, Simon Kjaer, Jens Larsen; Lasse Schoene (Andreas Christensen); Martin Braithwaite, Christian Eriksen, Thomas Delaney (Pierre Emile Hojbjerg); Yussuf Poulsen, Andreas Cornelius (Kasper Dolberg)
Pelatih: Age Hareide

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019