TikTok 1,5 miliar unduhan, posisi ketiga global lampaui Instagram

TikTok 1,5 miliar unduhan, posisi ketiga global lampaui Instagram

Logo Tiktok dan aplikasi lainnya di layar ponsel (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Menurut laporan terbaru dari SensorTower analytics, TikTok berhasil melampaui 1,5 miliar unduhan dan mengklaim berada di peringkat ketiga dalam kategori aplikasi non-game yang paling banyak diunduh tahun 2019.

Aplikasi asal China tersebut berhasil menembus hegemoni Facebook di deretan teratas App Store dan Google Play.

TikTok berada di bawah WhatsApp dan Messenger, yang berarti melampaui media sosial Facebook dan Instagram.

Peringkat tersebut diperoleh TikTok, seperti dikutip dari laman GSM Arena, Selasa, hanya tiga tahun setelah peluncuran, pada 2016 lalu.

Baca juga: AS khawatir TikTok ancam keamanan nasional

Baca juga: TikTok larang iklan politik berbayar di platformnya


Data menunjukkan bahwa pada Q3 2019 saja, aplikasi tersebut mengantongi 176,5 juta unduhan, gabungan Android dan iOS, yang tidak memperhitungkan unduhan dari pihak ketiga, toko aplikasi di China di mana TikTok sangat populer.

Menengok ke belakang, TikTok berhasil memecahkan mencapai satu miliar unduhan pada Februari 2019, dan berhasil tumbuh 500 juta lagi dalam waktu sekitar 7 bulan setelah itu.

Untuk basis pengguna per negara, India adalah pemimpin dalam hal total unduhan untuk tahun 2019 dengan perkiraan 466,8 juta aktivasi di iOS dan Android.

China menjadi pendorong pertumbuhan utama lainnya dengan perkiraan 173,2 juta unduhan, sementara AS berada di posisi ketiga dengan sekitar 123,8 juta unduhan.

Pengeluaran yang dilakukan dalam aplikasi juga meningkat seiring dengan pencapaian 115,3 juta dolar AS selama tahun 2019.

Pengguna di China menghabiskan sekitar 84,5 juta dolar AS atau mendekati 50 persen dari total pengeluaran, sementara Amerika Serikat dengan 62,4 juta dolar AS dan Inggris dengan 6,9 juta dolar AS, melengkapi peringkat tiga besar.

Baca juga: TikTok sedang siapkan ponsel khusus

Baca juga: Baru main TikTok? Ini panduan aman bagi pemula

Baca juga: TikTok luncurkan smartphone pertama dengan spek premium

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KPK ingin optimalkan pemanfaatan media sosial

Komentar