Sidrap raih ketiga kalinya penghargaan Swasti Saba Wistara

Sidrap raih ketiga kalinya penghargaan Swasti Saba Wistara

Bupati Sidrap H Dollah Mando (tengah) berfoto bersama jajarannya usai menerima penghargaan, Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara di Jakarta, Selasa (19/11/2019). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sidrap.

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya di Jakarta, Selasa.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, disaksikan Menteri Kesehatan RI, dr Terawan Agus Putranto kepada Bupati Sidrap H Dollah Mando di Gedung Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta.

Penganugerahan penghargaan itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/664/2019.

Predikat Swasti Saba Wistara merupakan yang ketiga kali secara berturut-turut diraih Kabupaten Sidrap. Penghargaan Kabupaten Sehat sendiri dilakukan dua tahun sekali.

Baca juga: Mendagri: penilaian kota sehat akan disertai peringkat kepala daerah

"Alhamdulillah, Swasti Saba Wistara dapat Kita pertahankan, terima kasih dukungan segenap komponen masyarakat Kabupaten Sidrap sehingga penghargaan ini dapat diraih kembali," ujar Dollah Mando melalui siaran persnya diterima di Makassar.

Bupati didampingi Kadis Kesehatan Dalduk KB Sidrap, dr H Andi Irwansyah mengatakan penghargaan tersebut selayaknya menjadi pemicu untuk meningkatkan sektor kesehatan di masa mendatang.

"Tugas Kita mempertahankan prestasi ini, mudah-mudahan komitmen dan kebersamaan bisa dijaga untuk mewujudkan hal tersebut," tambah Dollah.

Penghargaan kabupaten sehat diberikan pemerintah pusat ke daerah sebagai apresiasi penyelenggaraan program kabupaten sehat yang berkesinambungan.

Penilaian mengacu indikator pokok dan indikator tatanan dengan berbagai inovasi yang melibatkan peran aktif masyarakat dan dukungan pemerintah dalam kapasitas sebagai tim pembina program Kabupaten Kota Sehat.

Penyerahan penghargaan diberikan kepada enam gubernur, sebanyak 177 bupati, dan wali kota, serta tiga orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten kota sehat.

Baca juga: Lima kabupaten di Babel terima penghargaan kota sehat

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar