Jakarta (ANTARA) - Toko buku Gramedia berkolaborasi dengan fintech agregrator Cashlez menghadirkan layanan pembayaran tanpa antre di kasir bernama Pos Mobile.

“Kerjasama kami itu menguntungkan konsumen karena mereka akan dimanjakan dengan layanan proses check out yang sangat cepat lewat Pos Mobile,” ujar CEO Cashlez Teddy Tee dalam peluncuran Pos Mobile di Jakarta, Selasa.

Pos Mobile memudahkan pelanggan toko buku itu saat melakukan pembayaran secara langsung dengan cepat dan aman menggunakan kartu debit, kartu kredit maupun aplikasi dompet digital LinkAja.

Dengan Pos Mobile, pelanggan tidak perlu lagi mencari tempat kasir, mengantre dan menunggu untuk melakukan pembayaran. Setiap staf Gramedia akan dilengkapi dengan perangkat CashlezOne yang digunakan untuk pembayaran langsung di tempat.

Baca juga: Gramedia raih penghargaan literasi di Hari Buta Aksara Internasional

“Layanan itu menjadi solusi untuk mengurangi antrean di pos desktop dan bisa membantu mengurangi pembatalan transaksi. Pos Mobile sangat bermanfaat bagi konsumen Gramedia karena dapat berbelanja lebih cepat,” kata Finance Director PT Gramedia Asri Media Herman Kristanto.

Layanan Pos Mobile telah tersedia di 27 toko Gramedia dan secara bertahap akan digunakan di 119 toko Gramedia di seluruh Indonesia.

Pembayaran yang diterima di Pos Mobile antara lain kartu kredit, kartu debit dan LinkAja, serta pembayaran menggunakan Ovo dan Gopay.

Cashlez merupakan perusahaan payment aggregrator yang menggabungkan sistem aplikasi kasir dan penerimaan pembayaran, termasuk pembayaran dengan kartu dan pembayaran digital QR code dan online dalam satu aplikasi.

Baca juga: LinkAja dan kemudahan membayar iuran BPJAMSOSTEK

“Kami berharap layanan itu dapat mendorong transaksi e-wallet di Indonesia,” ujar Herman.

Pos Mobile merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan Gramedia menjelang ulang tahun ke-50 pada 2020. Sebelumnya, Gramedia juga telah meluncurkan layanan Gramedia Go.

Layanan tersebut memungkinkan pelanggan mendapatkan buku yang diinginkan. Pelanggan yang tidak menemukan judul buku di sebuah toko Gramedia bisa memesan buku tersebut. Kemudian, buku akan dikirimkan ke alamat konsumen.

Baca juga: MRT Jakarta gandeng LinkAJa, OVO, dan Dana

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019