Kendari (ANTARA) - Dalam rangka Operasi Perairan Wilayah Timur untuk menjaga stabilitas keamanan di laut, KRI Multatuli-561 kunjungi perairan Sulawesi Tenggara khususnya di wilayah Kota Kendari.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna beserta perwira Staf Lanal Kendari, menyambut kedatangan KRI Multatuli-561 di Dermaga Bungkutoko Kota Kendari dengan Komandan KRI Kolonel Laut (P) Rizky Hariastoto dalam rangka Operasi Perairan Wilayah Timur Pengamanan ALKI II, Selasa.

Baca juga: KRI Multatuli tangkap kapal nelayan pembawa cantrang

"Dimana, operasi pengamanan ALKI II bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan stabilitas keamanan di laut dan meningkatkan eksistensi serta kewibawaan TNI AL, selaku penegak kedaulatan dan hukum di laut khususnya di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II," kata Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, di Kendari.
KRI Multatuli saat saat berlabu di Dermaga Bungkutoko Kota Kendari. (Sumber: Lanal Kendari)


Sehingga Komando Armada II, menggelar Operasi Pam ALKI II tahun 2019 di wilayah perairan Yurisdiksi Nasional, khususnya kawasan Indonesia Timur termasuk Perairan Sulawesi Tenggara.

"Penegakan kedaulatan dan hukum di wilayah perairan yurisdiksi nasional kawasan timur Indonesia, merupakan tanggung jawab Koarmada II bersama komponen aparatur negara lainnya, dalam melaksanakan tugas pokok yang diamanahkan oleh negara dan bangsa," katanya.

Baca juga: KRI Multatuli-561 kejar dan tangkap dua kapal ikan asing

Bahkan KRI Multatuli-561, katanya, juga bertugas mendukung logistik Kapal Selam TNI AL, yang sedang melaksanakan tugas operasi di Perairan Sultra dalam memberikan informasi Intelijen, guna menindak tegas segala bentuk pelanggaran di laut, baik secara hukum nasional maupun internasional.

"Pangkalan TNI AL Kendari siap memberikan pelayanan maksimal bagi kelancaran Operasi KRI Multatuli-561 selama berada di Kendari," ujarnya.

Baca juga: Puluhan mahasiswa kunjungi KRI Multatuli-561

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019